Jumat, 24 November 2017 |
Peristiwa

Resmi dibuka Gubernur, Kejurda Billiard Provinsi Jambi Tatap PON 2020 di Papua

Jumat, 22 September 2017 14:39:41 wib
Kadispora Provinsi Jambi saat membuka Kejurda secara resmi/Photo: jambidaily.com/Hendry Noesae

JAMBIDAILY PERISTIWA, Olahraga - Kejuaraan Daerah (Kejurda) Billiard provinsi Jabi tahun 2017 yang berlangsung pada 22-25 September di Rumah Billiard Club 9 Kawasan Talang Banjar Kota Jambi, resmi dibuka hari ini oleh Gubernur Jambi, tatap Pekan Olahraga nasional (PON) tahun 2020 di Papua.

Gubernur Jambi, Zumi Zola dalam hal ini diwakili oleh Wahyuddin, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) provinsi Jambi dalam kata sambutannya menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya terhadap raihan prestasi tahun 2016 pada Pekan Olahraga Nasional (PON) di provinsi Jawa Barat yang lalu, Billiard asal Jambi berhasil meraih 2 Medali emas.

“saya atas nama pemerintah provinsi Jambi memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pengurus persatuan olahraga billiar seluruh Indonesia (POBSI) provinsi Jambi yang telah melaksanakan kejurda, nantinya akan dapat memberikan arti perekat bagi persatuan dan kesatuan bangsa, melalui media olahraga yang penuh dengan sportivitas dan kebersamaan yang tinggi,” kata Gubernur, (Jum’at,22/09).

Lebih lanjut dalam sambutannya, Billiar adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dala kategori olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil. Billiard juga merupakan salah satu cabang olahraga prestasi yang selalu dipertandingkan hingga tingkat Internasional.

“saya berharap dapat terjaring atlet-atlet yang memiliki kemampuan untuk dibina dan dipersiapkan sebagai atlet-atlet senior, karena salah satu keberhasilan pembinaan olahraga daerah memang berawal dari tersedianya bibit-bibit muda yang mampu menghadapi berbagai tahap kompetisi,” Ujarnya.

Lalu, kejurda merupakan kegiatan sarana evaluasi dan analisa tingkat keberhasilan pelaksanaan pembinaan olahraga billiar tingkat provinsi, Gubernur berharap penyelenggaraan kejurda tidak hanya sebagai media olahraga yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya, tetapi juga berpotensi dan mampu menghasilkan atlet-atlet berprestasi sehingga dapat meberikan kontribusi terhadap penyediaan atlet muda berbakat di cabang ini. Disamping itu ajang ini juga sebagai wahana mempererat hubungan silaturahmi dan menjalin persahabatan serta bertukar informasi dan pengalaan antar sesama atlet billiard se-provinsi Jambi.

“saya mengucapkan terima kasih kepada Pengprov POBSI Jambi yang telah membawa harum nama daerah di PON tahun 2016 dengan perolehan Medali Emas atas nama Rizky harapan kita kedepan akan menciptakan Rizky-Risky yang baru menghadapi PON tahun 2020 di Papua, Hal ini tentunya dibutuhkan disiplin berlatih, kerja keras serta adanya pembinaan yang menyeluruh. Persoalan lain yang kita hadapi terbatasnya tenaga pelatih, minimnya perlengkapan latihan, sarana dan prasarana. Untuk itu dengan kejurda ini diharapkan bisa menjadi motivator dari pihak lainnya untuk ikut mengadakan dan berperan dalam memajukan olahraga Billiard di provinsi Jambi,” Tuturnya.

Gubernur kemudian juga menyampaikan selamat bertanding bagi semua peserta tetap menjunjung sportivitas sebagai nilai-nilai hakiki dalam berkompetisi.

“saya mengharapkan panitia dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, teruslah berkreasi, dorong para pemain untuk terus meningkatkan prestasi yang nantinya mampu mengangkat harkat, martabat dan nama baik daerah di tingkat nasioal maupun internasional. Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja maksimal untuk kesuksessan acara ini sehingga kedepan mampu berkontribusi dan memberi warna dalam pebangunan olahraga provinsi Jambi seperti hal yang sedang kita giatkan untuk mewujudkan Jambi Tuntas 2021,” Pungkasnya.

Dalam pembukaan sendiri Selain Ketua dan Pengurus POBSI Provinsi Jambi, dihadiri juga oleh Ketua Umum Koni Provinsi Jambi, Kajati Jambi, Pengadilan Jambi, Kapolda Jambi, Danre 042 Gapu, Ketua Pengcab POBSI Provinsi Jambi, Forkompinda Provinsi Jambi, Unsur Muspida, Tamu undangan lainnya, dan seluruh peserta Kejurda.

 

(Hendry Noesae)

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top