Selasa, 19 Desember 2017 |
Kesehatan & Olahraga

Resmikan Pusat Pelayanan Jantung Jambi, Ini Kata H Zumi Zola

Kamis, 15 September 2016 21:21:03 wib
Gubernur Jambi H Zumi Zola melihat kondisi pasien di RSUD Mattaher

JAMBIDAILY KESEHATAN-Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli S.TP, MA minta dengan bertambahnya fasilitas perawatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher akan dapat meningkatkan pelayanan dan perawatan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Tingkatkan pelayanan, hingga kualitas kesehatan masyarakat dapat meningkat. Memperhatikan  tingkat kesehatan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraannya. Itulah yang menjadi tujuan JAMBI TUNTAS 2021,"ingat Gubernur, saat Peresmian Pusat Pelayanan Jantung Jambi, Jambi Cardiac Center (JCC) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi, Kamis 15 September 2016.

Keberadaan Pusat Pelayanan Jantung ini merupakan tonggak sejarah bagi Pemerintah Provinsi Jambi khususnya dalam pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di Provinsi Jambi.

"Pembangunan bidang kesehatan dan pendidikan merupakan elemen kunci dalam peningkatan kualitas hidup manusia,"terangnya.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Direktur Utama Rumah Sakit Jantung Nasional Harapan Kita Bapak Dr.dr. Hananto Andriantoro, Sp.Jp, Mars, Fica yang telah memberikan perhatian dan dorongan terhadap RSUD Raden Mattaher Jambi, sehingga pusat pelayanan jantung jambi dapat terwujud," ujar Zola.

Mantan Bupati Tanjung Jabung Timur ini juga menjelaskan, di Provinsi Jambi, setiap tahunnya ada 2 ribu kasus penyakit jantung yang ditangani oleh rumah sakit Raden Mattaher.

"Karena peralatan yang belum lengkap maka pasien banyak dirujuk  ke rumah sakit Jakarta atau provinsi tetangga. Dengan peresmian pusat pelayanan jantung  Jambi Cardiac Center (JCC) dengan peralatan yang lengkap ini kita bisa menangani operasi jantung cukup di Jambi saja,"harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama RS Jantung Nasional Harapan Kita Jakarta Dr. dr. Hananto Andriantoro, Sp,JP, Mars, Fica mengatakan, diagnostic invasive dan intervensi kardiovaskuler ini merupakan yang pertama di Provinsi Jambi.

Dia berharap layanan ini dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat di Jambi.

"Rumah Sakit Jantung Harapan Kita siap membantu masyarakat di Jambi. Kami berharap baik Pemda, rumah sakit, karyawan dan dokter untuk bisa berkoordinasi dengan baik membangun pelayanan jantung ini," ujarnya.

Dikatakan Dr.dr Hananto, 60 persen penyakit jantung di sebabkan oleh merokok, untuk itu dirinya mengucapkan terima kasih bagi yang tidak merokok.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi dr. Erman menyatakan, RSUD milik pemerintah Provinsi Jambi ini akan menjadi rumah sakit rujukan nasional.

"Berbagai langkah, telah di siapkan untuk kemajuan,"terangnya.

Banyak pasien asal wilayah Provinsi Jambi yang dirujuk keluar provinsi seperti ke Jakarta dan singapura, ini merupakan dampak ketidakmampuan Rumah sakit di Jambi dalam melakukan pengobatan.

Namun, setelah program Unggulan RSUD Jambi yaitu CARDIAC CENTER diresmikan pada hari ini, masyarakat Jambi tidak perlu lagi harus keluar Jambi, karena RSUD Raden Mattaher telah mampu menanangi penyakit yang selama ini belum bisa dilakukan Di RSUD Jambi seperti Jantung koroner dan lain-lainnya.

"Dalam penanganan pasien yang sudah koroner pihak RSUD Jambi selalu terkendala dengan peralatan, maka dari itu untuk meningkatkan pelayanan RSUD Raden Mattaher Jambi tahun ini membeli peralatan - peralatan yang selama ini tidak dimiliki dan Ini merupakan program Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli yaitu Jambi Tuntas," tambahnya.

Dalam program Unggulan RSUD Jambi Cardiac Center, Erman menjelaskan, pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan RS Harapan Kita Jakarta.

"Manfaat program ini banyak sekali nantinya, yang jelas masyrakat tidak perlu lagi keluar Jambi dan kita siap menampung pasien-pasien yang tidak lagi tertangani di RS negeri maupun swasta dalam wilayah Jambi," jelasnya.

Pada kesempatan ini juga diadakan MoU antara  Pusat pelayanan jantung  Jambi Cardiac Center (JCC) dengan Pusat Jantung Nasional Rumah Sakit Harapan Kita, Nasional Cardiovescular Center Jakarta yang disaksikan oleh Gubernur Jambi.

Turut serta pada kesempatan ini, unsur Forkompimda Provinsi Jambi, para bupati/walikota, para kepala SKPD Provinsi Jambi, para dokter rumah sakit serta para undangan lainya.(*)


Penulis   : Sapra Witani
Foto      : Said Usman
Editor    : Hery FR

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top