Kamis, 27 Juni 2019 |
Suaro Wargo

Ridho: Konsumsi Sayuran dan Buah-Buahan Sebagai indikator Sederhana Gizi Seimbang

Kamis, 13 Juni 2019 11:15:58 wib

JAMBIDAILY SUARO WARGO - Asupan buah dan sayur sangat penting untuk kesehatan manusia. Selain itu penelitian membuktikan konsumsi buah dan sayur sang penting sebagai penopang kehidupan manusia untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Buah dan sayur segar wajib dikonsumsi didalam pola makan sehat, menurut Juajun et al sayuran merupakan bagian penting dari konsumsi manusia karena dapat menjadi sumber vitamin, mineral, serat pangan, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Hampir semua bagian tumbuhan dapat dijadikan bahan makanan sayur seperti daun batang dan juga bunga. Manfaat lain dari sayur yaitu terkandung sumber karoten yang baik untuk antidioksidan. Begitu juga dengan buah yang memiliki banyak kandungan zat gizi didalamnya seperti yang dikatakan Sedioetama buah mengandung vitamin B-kompleks, Vitamin -C, dan disamping itu ada juga jenis mineral diantaranya kalium (K), Kalsium (Ca), Natrium (Na), Zat besi (Fe) dan sebagainya.

Selain itu sayur dan buah juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan. Menurut penelitian muchtadi konsumsi serat pangan yang cukup dapat membantu proses pengeluaran feses karena serat pangan dapat menyerap air. Serat juga mampu mencegah kanker usus karena sifat serat yang dapat meningkatkan kandungan air sehingga senyawa karsinogenik penyebab kanker dapat berkurang.

Bahkan berbagai kajian membuktikan bahwan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolestrol darah dan juga bisa menurunkan risiko sulit buang air besar (BAB/Sembelit) dan kegemukan. Hal ini juga menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dapan mencegah dari penyakit tidak menular kronik. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup merupakan salah satu indikator sederhana gizi seimbang (KEMKES RI).

 


...
Ditulis Oleh
Nama: Muhamad Ridho Kurniawan
Jurusan: Ilmu Gizi
STIKES Baiturahim Jambi

 

 

 


*isi/sumber/referensi dari Artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis

KOMENTAR DISQUS :

Top