Jumat, 24 November 2017 |
Pendidikan & Teknologi

Sangat Inspiratif, Gomos Manalu Jadi Tamu Kehormatan NASA

Senin, 07 Maret 2016 19:04:18 wib
Gomos bersama kedua orangtuanya di rumah sederhana

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Indonesia kembali patut berbangga kepada generasi mudanya, dari sebuah daerah kecil di Sumatera Utara, terbit prestasi membanggakan, diukir oleh seorang pelajar SMA. Tak tanggung-tanggung, penelitian pelajar berusia 17 tahun ini akan diluncurkan ke ruang angkasa pada 30 Maret 2016 Mendatang.

Namanya Gomos Parulian Manalu (17), Seorang pelajar asal Pematang Siantar yang sedang menempuh pendidikan di kelas XI SMA Unggul Del Laguboti, Kabupaten Toba Samosir berhasil mencuri perhatian peneliti Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) lewat penelitaannya tentang Microaerobic fermetation under microgravity. Bahkan penelitian Gomos ini suah diuji pada tanggal 24-28 Januari 2016 lalu di Amarika Serikat sekaligus menjadikan Gomos sebagai tamu kehormatan NASA.

“Sejak kecil aku baca buku-buku bekas hasil kutipan ayah saat mengumpulkan barang bekas,” Ujar Gomos, sebagaimana dikutip dari laman reportasekampus.com, mengungkapkan perjalanannya dalam menoreh prestasinya.

Gomos kata sang Ayah adalah yang rajin, Sewaktu Gomos duduk di bangku SMP, Gomos yang mengumpulkan botot (barang bekas), dari beberapa barang bekas tersebut ternyata Gomos memilih buku-buku botot dan membacanya. Dari sanalah Gomos mendapatkan banyak pengetahuan.

Saat ditanya mengenai cita-cita, Gomos memilih menjadi ahli Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan bekerja di luar negeri. Setelahnya Gomos ingin pulang membangun PLTA di Indonesa khususnya di daerahnya di Toba Samosir.

Saat ini Gomos tinggal bersama keluarganya di sebuah rumah kontrakan sederhana, orang tuanya yang hanya berhasilan pas-pasan untuk menghidupi ke-empat anaknya berharap pemerintah memberikan beasiswa kepada Gomos agar impian Gomos menjadi seorang ahli PLTA dapat terwujud. (*)

Sumber:www.reportasekampus.com/RK-04

 

KOMENTAR DISQUS :

Top