Senin, 16 September 2019 |
Ekonomi

Satgas Yang Ahli Ternak Itik Bagikan Ilmu di Desa Sasaran TMMD

Selasa, 30 Juli 2019 18:56:59 wib

JAMBIDAILY DEMAK -Diantara ratusan anggota Satgas TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak yang tugas di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota, ternyata satu diantaranya mempunyai keahlian untuk beternak Itik. DI adalah Sertu Agus.

Dengan ilmu yang dipunyainya itu, Sertu Agus mengajarkan cara ternak itik yang baik Mbah Suparno, warga Kalikondang yang mempunyai hobi ternak itik. Dijelaskan, sebaiknya lokasi kandang berjauhan dengan rumah, atau paling tidak berjarak 10-20 meter. 

''Hal ini untuk menghindari bau yang tidak sedap menyebar di rumah dan lingkungan,'' ungkap Sertu Agus.

Selain itu, lanjutnya ukuran kandang sebaiknya disesuaikan dengan jumlah itik yang dibudidayakan. Semakin banyak entok yang dibudidayakan pastinya membutuhkan kandang yang semakin luas. Kandang harus memiliki dinding yang tinggi agar entok tidak leluasa keluar masuk atau kabur dari kandang.

Merasa mendapat ilmu baru cara beternak itik yang tepat, Mbah Suparno mengucapkan terimakasih kepada Sertu Agus dan dia menyatakan akan mempraktekan ilmu tersebut. "Maturnuwun sanget injih Pak Agus, kulo nembe ngertos sak niki carane ternek Itik,'' tutur Mbah Suparno. (Pendim 0716/Demak)

KOMENTAR DISQUS :

Top