Jumat, 20 Juli 2018 |
Hukum

Satreskrim Polres Batanghari Amankan Pengedar Upal

Senin, 28 Maret 2016 18:41:45 wib
Petugas Lakukan Pemeriksaan Pelaku Pengedar Upal

JAMBIDAILY HUKUM-Berbekal laporan masyarakat,  Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Batanghari, berhasil mengamankan pengedar uang palsu (Upal).

"Ya kita berhasil mengamankan satu orang pelaku pengedar uang palsu berikut barang bukti lembaran-lembaran uang palsu setara dengan nilai 2,9 juta,"papar Kanit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) IPDA Dian Purnomo

Dijelaskannya, dari laporan masyarakat, akan ada transaksi uang palsu disalah satu warung milik warga di kawasan Rengas Condong Muara Bulian.  Atas informasi tersebut, petugas melakukan pengintaian dan penangkapan.

"Saat itu, petugas langsung kita turunkan ke lokasi.  Dan disana kita mengamankan tersangka bernama Hermanto bin Hasan (31). Dia kita amankan berikut barang bukti pada Minggu 27 Maret 2016, sekira pukul 19.30 WIB,"jelas Dian.

Dari hasil pemeriksaan, uang palsu yang berhasil disita dari tersangka tersebut, berasal dari seorang pelaku berinisial B yang berdomisili di kawasan Pelabuhan Bakahuni Lampung.  Tersangka membeli upal sebanyak 3,5 juta dengan harga Rp 1 juta.

"Saat itu saya ditawar.  Namun belum punya uang, setelah kerja selama sebulan, baru saya beli seharga 1 juta dan saya mendapat uang palsu itu sebanyak 3,5juta,"cerita Hermanto kepada petugas.

Akibat perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan Pasal 36 ayat 2 Undang - Undang no 7 tahun 2011 tentang mata uang dengan ancaman 10 tahun penjara dan denda maksimal 10 miliar.

"Atas kejadian ini, Kami berharap warga  segera melaporkan kepada kami kalau melihat ada tindakan mencurigakan di tempat tinggal masing-masing kepada petugas kepolisian terdekat,"himbau Kanit Tipiter ini.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top