Jumat, 03 April 2020 |
Nasional

Sebenarnya Indonesia Sudah Siap Belum sih Hadapi Corona?

Rabu, 25 Maret 2020 17:18:15 wib
Foto: Konferensi Pers Peluncuran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (Dok. BNPB)

JAMBIDAILY NASIONAL - Jumlah kasus infeksi virus corona (COVID-19) di tanah air terus bertambah dan menjadi ancaman bagi perekonomian nasional. Stimulus fiskal disiapkan dan kelonggaran moneter diberikan untuk meredam dampak COVID-19 terhadap perekonomian domestik.

Namun apakah hal itu sudah cukup? Apakah Indonesia berarti sudah siap menghadapi wabah ganas yang diyakini berasal dari China ini? Mari kita ulas poin per poinnya.

Jumlah korban akibat wabah COVID-19 di dalam negeri terus bertambah dengan laju 30,3% per harinya. Kasus COVID-19 muncul pertama kali di Indonesia pada 2 Maret 2020. Kala itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan dua orang Indonesia pertama yang terjangkit COVID-19.

Dalam 23 hari berselang, pertambahan jumlah kasus semakin tinggi. Per kemarin (24/3/2020) jumlah kasus COVID-19 di dalam negeri sudah mencapai 686 orang dengan 55 orang dinyatakan meninggal dunia.

Artinya rata-rata ada penambahan jumlah kasus kurang lebih 30 dalam sehari dalam kurun waktu kurang dari satu bulan ini. Berbagai sumber memperkirakan bahwa puncak wabah ini akan terjadi di bulan April atau Mei saat bulan Ramadan nanti.

Berdasarkan kajian Pusat Pemodelan Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB), model pertambahan jumlah kasus di Indonesia menyerupai Korea Selatan. Dokumen tersebut memperkirakan jumlah kasus di Indonesia bisa mencapai lebih dari 8.000.


Selanjutnya Baca di Tautan Ini: cnbcindonesia.com

KOMENTAR DISQUS :

Top