Minggu, 15 Desember 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Sekda Harapkan Sinergi Program Perlindungan dan Pelayanan bagi Lansia

Jumat, 19 Juli 2019 15:41:24 wib

JAMBIDAILY KESEHATAN - Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Drs.H.M.Dianto,M.Si, membuka Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Komda Lansia Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2019 yang berlangsung di Hotel Odua Weston, Kamis (18/7/19) malam.

Sekda menyambut baik dilaksanakannya rakor tersebut karena dapat diketahui pada masa-masa mendatang jumlah lansia akan semakin meningkat berdasarkan proyeksi BPS pada tahun 2035 jumlah penduduk lansia di daerah Jambi mencapai lebih dari 300 ribu jiwa.

Menurut Sekda kondisi lansia pada masa mendatang menjadi tantangan bersama untuk menyiapkan langkah-langkah agar para lansia dapat lebih mandiri, produktif,"Menyikapi kondisi yang dihadapi para lansia semua pemangku kepentingan hendaknya bersinergi dan berupaya menyelesaikan problematika para lansia," ujar Drs.H.M.Dianto,M.Si.

Proses penuaan tidak dapat dicegah akan terjadi secara alami dengan bertambahnya usia secara perlahan akan mengalami kemunduran baik aspek fisik maupun aspek nonfisik,"Memperkuat penanaman nilai-nilai penghormatan kepada lansia, memperkuat sistem pelayanan kesehatan dan pelayanan publik yang responsif dengan kebutuhan lansia, memberikan perlindungan yang layak serta memberdayakan kelompok lansia untuk lebih produktif dan mandiri," jelas Sekda.

Adapun masalah utama lain yang dihadapi lansia dengan berbagai penyakit seperti katarak, penyakit sendi dan tulang, stroke, hipertensi termasuk permasalahan non fisik para lansia yang mempengaruhi peran dan eksistensinya seperti perubahan aspek sosial dan emosional yang tidak stabil, terjadinya perubahan peran sosial di masyarakat maupun permasalahan ekonomi dan finansial harus mendapat perhatian penanganan yang baik oleh pihak terkait,"Keterlantaran para lansia dimana mereka hidup dalam kemiskinan dan menggelandang untuk itu pemerintah dan masyarakat harus mampu mengembangkan dan memperkuat kebijakan nasional dan daerah yang relevan bagi para lansia," tegas Sekda.

Sekda memaparkan beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam rangka perlindungan dan pemberdayaan lansia antara lain memberikan perlindungan yang substantif seperti program pemberdayaan terhadap lansia terutama bagi mereka yang masih produktif, memberikan program pengentasan kemiskinan sebagai program utama,menyediakan pusat pertemuan dan kegiatan para lansia untuk saling berbagi sehingga memungkinkan lansia dapat berinteraksi dengan teman dan lingkungannya, mengembangkan dan memberdayakan organisasi sosial keagamaan agar mampu mempromosikan dan menyelesaikan permasalahan lansia dengan cara melibatkan aspirasi lansia untuk mengusulkan suatu kegiatan program pelayanan maupun pengusulan kebijakan kepada pemerintah, memperjuangkan aksesibilitas bagi para lansia dalam memanfaatkan fasilitas umum, melakukan pemetaan sosial dan psikologikal melalui kegiatan assesment terhadap kebutuhan lansia.

Selanjutnya Sekda berharap melalui forum Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Komda Lansia Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2019 diperolehnya rumusan yang mampu memberikan data yang valid dan update tentang jumlah lansia yang ada didaerah Jambi sebagai basis data terpadu sehingga program perlindungan dan pemberdayaan khususnya bagi para lansia terlantar benar-benar efektif dan tepat sasaran.

Hadir para Wakil Bupati yang juga menjadi Ketua Komda Lansia Kabupaten diantaranya Wabup Tanjabbar H. Amir Sakib, Wabup M. Jambi Bambang Bayu Suseno, Wabup Kerinci H. Ami Taher, Ketua Komda Lansia Provinsi Jambi serta pihak terkait lainnya.(Humas Pemprov Jambi)

KOMENTAR DISQUS :

Top