Kamis, 15 November 2018 |
Ekonomi

Sekda: Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil Jelang Idul Adha

Senin, 20 Agustus 2018 16:00:33 wib

JAMBIDAILY EKONOMI – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si selaku Ketua Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Jambi bersama Kepala BI Perwakilan Jambi, Kepala Bulog Divisi Jambi, Asisten II Sekda Provinsi Jambi dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jambi yang terkait melakukan Peninjauan Harga Beberapa Kebutuhan Pokok Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 H Tahun 2018, bertempat di Pasar Tradisonal Angso Duo Jambi, Senin (20/08) pagi.

Usai melakukan peninjauan ke beberapa kios, Sekda mengemukakan, dari hasil peninjauan, harga beberapa kebutuhan pokok masih relatif stabil. Harga kebutuhan pokok seperti cabe merah, cabe keriting, bawang merah, beras, dan daging yang biasanya mengalami kenaikan menjelang hari hari besar keagamaan, untuk saat ini masih dalam kategori stabil.

“Ini berarti, untuk harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha di pasar tradisional Jambi masih stabil dan stok barangnya cukup. Jadi, menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini, tidak ada kenaikan harga kebutuhan pokok yang signifikan dan tidak terjadi gejolak harga yang biasanya dikhawatirkan oleh masyarakat,” tutur Sekda.

Sekda mengharapkan para media untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar tidak mengkhawatirkan harga kebutuhan pokok menjelang Idul Adha, karena tidak ada kenaikan harga yang signifikan dan tidak terjadi gejolak gejolak harga, serta stok barang juga mencukupi.

“Saya juga berharap kepada para supplier daging ayam untuk tetap menjaga kestabilan harga daging ayam dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi Hari Raya Idul Adha Tahun 2018. Kami dari Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi akan terus memantau kebutuhan pokok ini sampai H-1 menjelang Hari Raya Idul Adha Tahun 2018,” ujar Sekda.

Lebih lanjut, Sekda mengungkapkan, apabila nantinya terjadi gejolak harga sehingga terjadi ketidakstabilan harga, Bulog Jambi siap melakukan operasi pasar di beberapa titik pasar tradisional, melakukan intervensi sebagai upaya menstabilkan harga harga kebutuhan pokok di pasar-pasar.

“Alhamdulillah, setelah melakukan peninjauan tadi, harga-harga kebutuhan pokok masih stabil. Jika nanti ada gejolak harga, dari pihak Bulog Jambi siap melakukan operasi pasar demi menjaga kestabilan harga, kebutuhan pokok yang telah disiapkan Bulog Jambi dalam operasi pasar adalah daging beku, beras, minyak sayur, gula dan tepung,” jelas Sekda. (Richi/edit: Mustar, foto: Agus Supriyanto, video: Latib L/Humas Pemprov Jambi).

KOMENTAR DISQUS :

Top