Minggu, 21 Oktober 2018 |
Wisata & Budaya

Sekda: Jambi Siap Sukseskan Kirab Obor Asian Games

Jumat, 27 Juli 2018 01:09:25 wib

JAMBIDAILY WISATA - Sekretaris Darah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si mengemukakan sekaligus menegaskan bahwa Provinsi Jambi siap mensukseskan kirab api obor Asian Games 2018. Hal tersebut disampaikan Sekda ketika memimpin Rapat Rencana Torch Relay (Pawai Obor) Asian Games XVIII tahun 2018 di Wilayah Provinsi Jambi, bersama Kapolda Jambi, Mukhlis, AS dan OPD terkait dalam lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, bertempat di Ruang Utama Kantor Gubernur Jambi, Kamis (26/07/2018).
 
Sekda minta seluruh OPD terkait dan TNI/Polri untuk mengatur semua sesuai dengan tupoksi masing-masing. "Seluruh OPD dan TNI/Polri untuk mengatur semua sesuai dengan tupoksi masing-masing, akomodasi, konsumsi, pengerahan semua kemampuan tenaga-tenaga pendukung," ujar Sekda.
 
Sekda menjelaskan, kirab obor Asian Games 2018 di Sumatera diawali dari Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan hingga Lampung. Kirab obor akan kembali ke Pulau Jawa melintasi Banten, Jawa Barat, akan tiba di DKI Jakarta pada tanggal 15 Agustus.
 
“Provinsi Jambi juga akan turut berpartisipasi dalam memeriakan Asian Games XVIII yakni dengan kedatangan peserta  Kirab Obor Asean Games  XVIII 2018, yang akan disambut dan diarak dengan rangkaian kesenian tradisional. Kirab obor Asian Games XVIII 2018 akan berada di Provinsi Jambi pada 3 Agustus 2018 setelah sebelumnya berada di Sumatera Barat,” kata Sekda.
 
Sekda menambahkan, Asian Games 2018 akan diliput oleh media massa 45 negara.
 
Sekda mengungkapkan, merupakan kehormatan tersendiri bagi Provinsi Jambi dilintasi Kirab Obor Asian Games 2018, pasalnya, hanya 18 dari 34 provinsi di Indonesia yang dilintasi oleh Kirab Obor Asian Games 2018, dan Provinsi Jambi menjadi salah satu dari 18 provinsi tersebut.
 
“Pertama, kita akan menyambut kedatangan  para pembawa obor, kegiatan di sekitar kirab ini akan dikelilingi oleh seluruh pesilat di Jambi, dan akan mengawal dan kita akan menampilkan tarian kreasi baru. Pembawa obor akan didampingi oleh Bujang Gadis Jambi, kearifan lokal  akan mengawal dan kita akan mengupayakan yang terbaik bagi rombongan,” terang Sekda.
 
Sekda memaparkan  rute yang akan dilalui Kirab Obor Asian Games 2018 di Provinsi Jambi, yakni dimulai  dari  Bandara Sultan Thaha-Simpang Bajuri Dalam-Simpang Bajuri Luar-Simpang Candra Luar-Simpang Adipura-Simpang Sukarejo-Simpang Jelutung-Simpang Selamat Datang-Simpang SD Taufiq-Simpang Arah Pasar-Simpang Pertamina Kasang-Simpang Sijenjang-Jembata Aaur Duri 2-Desa Niaso-Candi Muaro Jambi. Selanjutnya, Api Obor Asian Games 2018 akan diarak menuju Candi Muaro Jambi. (Sapra Wintani/edit: Mustar, foto: Mulyadi, video: Latib/Humas Pemprov Jambi).

KOMENTAR DISQUS :

Top