Senin, 24 September 2018 |

Sekda: NBC dan Karakter Profesional ASN

Sabtu, 29 Agustus 2015 16:13:46 wib
ilustrasi

JAMBIDAILY IPTEK-Sekda Provinsi Jambi H. Ridham Priskap, SH, MH, menilai Aparatur  Sipil Nasional (ASN) atau yang selama ini disebut PNS, sangat membutuhkan sentuhan pendidikan karakter.

Tujuannya agar aparatur dapat membentuk watak atau jati diri sebagai aparatur negara yang professional dalam melaksanakan tugas setiap hari.

“Apa yang dilaksanakan hari ini bukan merupakan kegiatan rutinitas belaka. Outcome yang diharapkan adalah adanya perubahan sikap dan pola pikir yang perlu juga ditularkan kepada 6200 Aparatur Sipil Negara di Provinsi Jambi,” ungkapnya, baru ini, saat memberikan materi dalam kegiatan peningkatan jati diri bangsa/National Character Building (NBC) tingkat Provinsi Jambi di Bumi Perkemahan Sungai Gelam.

Menurut Sekda yang membacakan Sambutan Gubernur Jambi, kegaitan NBC ini diharapkan mampu menghasilkan perubahan sikap dan pola pikir yang tidak hanya terjadi pada peserta tetapi nantinya juga ditularkan kepada rekan kerja lainnya.
 
Selanjutnya Sekda menyatakan seandainya seluruh ASN lingkup Provinsi Jambi memiliki karakter yang mampu menunjukkan dedikasi bagi pelayanan masyarakat, ia yakin tidak akan muncul sinyalemen pergeseran nilai dan budaya di zaman teknologi dan komunikasi ini. Menurutnya, meskipun ada dalam suasana lingkungan yang dikuasai teknologi canggih, jati diri kita sebagai bangsa Indonesia khususnya ASN tidak boleh memudar.

“Untuk itu kita harus melindungi diri kita sehingga karakter kita sebagai ASN tidak pudar, kalau tidak image kita akan tercederai. Secara prinsip kita semua termasuk dari TNI/POLRI untuk bisa sampai hari ini telah melalui berbagai proses pembinaan karir. Dan bagaimana kita harus berbuat setidaknya kita sudah punya dasar. Karena itu kegiatan 3 hari ini pola yang dahulu tidak dipakai lagi. Pola sekarang lebih pada upaya mengubah pola pikir tanpa paksaan,” jelasnya.

Menurut Sekda, dalam Undang-Undang tentang ASN kita PNS adalah profesi, maka dalam bekerja juga harus menunjukkan profesionalitas. Tupoksi harus bisa dilaksanakan dan masyarakat bisa menuntut jika mereka merasa bahwa hasil kerja PNS itu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk itu Sekda berharap agar seluruh ASN mampu memahami dan mengikuti sistem yang berlaku saat ini.

“Kita dapat ditinggalkan karena kita karena tidak mampu mengikuti sistem. Jabatan misalnya adalah amanah. Inilah pola pikir yang harus ada yaitu perlunya kontribusi terhadap kehidupan masyarakat dan jika kita tidak dapat melaksanakannya kita tidak mungkin diterima masyarakat. Contohnya,  Sekda punya Tupoksi untuk membantu Gubernur, menyampaikan kepada masyarakat, berkoordinasi dengan SKPD. Untuk menghadapi kompetisi ke depan, harus punya jati diri dan watak yang baik,’’ jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Kesbagpol Provinsi Jambi menyatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan penghayatan disiplin kerja PNS. Peserta kegiatan ini berjumlah 120 orang dari kalangan eselon IV dan staff  dari pelbagai SKPD di lingkup Pemprov Jambi.

“Pelatihnya berasal dari Korem dan Polda Jambi dengan tujuan utama untuk pemahaman nilai-nilai, kompetensi aparatur dan sportifitas.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jambi, pihak yang mewakili Dandrem 042/Garuda Putih Jambi, 120 peserta dari PNS lingkup Provinsi Jambi dan undangan lainnya.(jambidaily.com/HMS/MAR)

KOMENTAR DISQUS :

Top