Senin, 21 Oktober 2019 |
Ekonomi

Sekda: OPD Harus Menguasai Bidang Kerjanya

Jumat, 20 September 2019 17:01:10 wib

JAMBIDAILY EKONOMI - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M Dianto,M.Si menegaskan bahwa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus menguasai bidang kerjanya. Hal itu dikemukakan Sekda saat memimpin Rapat Presentasi Pohon Kinerja Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi Tahun 2019, dalam evaluasi Penyusunan Sistem Akuntabilasi Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), di Ruang Utama Kantor Gubernur Jambi, Jum'at (20/09/2019).
 
Rapat Presentasi Pohon Kinerja Perangkat Daerah diikuti oleh seluruh OPD Pemerintah Provinsi Jambi.
 
Sekda tekankan para OPD menguasai setiap bidang kerjanya masing-masing, untuk bisa memaparkan di hadapan tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) yang akan turun ke Provinsi Jambi, sesuai dengan presentasi Rencana Kerja (Renja) masing-masing OPD.
 
“Sengaja dikumpulkan para perangkat daerah hari ini dalam upaya menyampaikan bahwa dalam menjalankan program kerja tentu harus ada capaian kinerja dan sasaran kerja. Sebelum tim evaluator dari Kementerian PAN RB mengevaluasi kinerja kita, kita sudah siap dan tidak keteteran, apabila ada tim yang turun kita sudah siap untuk memaparkan di hadapan tim tersebut," ujar Sekda.
 
Sekda mengatakan, Tim Evaluator dari Kementerian PAN RB akan turun ke Provinsi Jambi untuk mengevaluasi kinerja para OPD, yang direncakanakan akan dating ke Jambi pada awal Oktober 2019, dan akan mengevaluasi semua SAKIP yang diusulkan
 
"Nilai SAKIP untuk Provinsi Jambi tahun 2018 mendapat nilai BB, sebelumnya mendapat nilai C, untuk tahun ini tentu kita ingin berusaha mendapatkan nilai yang lebih baik lagi," ungkap Sekda.
 
Sekda memaparkan bahwa laporan kinerja dan indikator kinerja utama ini bertujuan untuk memperoleh ukuran keberhasilan dari pencapaian suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi, yang kemudian digunakan untuk perbaikan kinerja dan peningkatan akuntabilitas kinerja.
 
"Kita akan melihat sejauh mana penyerapan APBD 2019 yang dilakukan hingga akhir tahun ini. Kita akan melihat kegiatan pembangunan yang sudah dilaksanakan dan yang belum dilaksanakan, sehingga seluruh pimpinan OPD wajib menyiapkan data yang diperlukan saat presentasi tersebut,” jelas Sekda. (Sapra Wintani/edit: Mustar, foto: Roni, video: Willy/Humas Pemprov Jambi).

KOMENTAR DISQUS :

Top