Kamis, 16 Agustus 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Selain Hilang Ingatan, Ini Efek Aneh Terlalu Intens Berhubungan Seksual!

Sabtu, 31 Maret 2018 08:24:40 wib
Efek intens bercinta/copyright Shutterstock.com

JAMBIDAILY INTIM, Kesehatan - Bercinta adalah kebutuhan biologis setiap orang. Selain memberi kenikmatan, berhubungan intim ternyata juga punya efek samping yang aneh lho. Bahkan beberapa di antaranya tidak berhubungan sama sekali dengan seks itu sendiri.

Dikutip dari Men's Health.com, ini beberapa efek misterius yang bisa ditimbulkan akibat seks yang intens.

1. Meningkatkan ketajaman indra penciuman

Saat mencapai orgasme, tubuh melepaskan hormon yang disebut prolaktin. Pelepasan hormon ini membuat sel punca di otak mengembangkan neuron baru di bagian otak yang mengendalikan indera penciuman. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biological Psychological, menemukan bahwa hormon prolaktin meningkat hingga 400 persen lebih besar setelah bercinta ketimbang masturbasi. Dan ini membantu meningkatkan ketajaman penciuman. Jadi, jangan heran jika kamu hidungmu jadi lebih peka memcium bau sesuatu.

2. Sedih setelah bercinta (Post-Sex Blues)

Beberapa orang mengalami emosi seperti perasaan gembira berlebihan, rileks, bahkan mengantuk setelah bercinta, dan efek ini sangat wajar. Tapi beberapa wanita mengalami post-sex blues. Penelitian dalam Sexual Medicine menyebutkan, Postcoital dysphoria (PCD) adalah nama lain untuk disfungsi seksual perempuan.

Perasaan yang timbul ditandai dengan berurainya air mata, rasa melankolis, depresi, kecemasan, atau perilaku agresif setelah hubungan seksual. Para peneliti meminta 230 wanita untuk mengisi survei online dan hasilnya, 46% di antaranya mengaku mengalami gejala PCD paling tidak sekali dalam hidup mereka setelah bercinta.

3. Hilang Ingatan

Bercinta juga bisa menimbulkan efek amnesia sementara. Journal of Emergency Medicine melaporkan bahwa ada seorang wanita yang datang ke rumah sakit Georgetown University, mengaku dirinya tidak bisa mengingat aktivitasnya dalam 24 jam terakhir. Tapi dia ingat bahwa hilang ingatan itu muncul setelah bercinta dengan suaminya.

Kondisi ini sebenarnya hanya memengaruhi 3 hingga 5 orang di antara 100 ribu orang setiap tahunnya. Aktivitas seksual dan aktivitas fisik lain bisa menimbulkan hal ini meski peneliti belum menemukan penyebab sesungguhnya. Untungnya, ingatan akan kembali dalam beberapa jam setelahnya.

Ternyata, itu dia sekian efek unik dan aneh yang bisa ditimbulkan setelah bercinta. Mungkin sebaiknya bercinta tidak terlalu keras atau kurangi intensitasnya ya agar tidak timbul efek yang aneh-aneh, ladies.

Sumber tulisan: Liputan6.com


(vem/feb)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top