Selasa, 25 September 2018 |
Nasional

Selama Arus Mudik Lebaran 2018, Menkes Ungkap 4 Potensi Masalah Kesehatan

Jumat, 22 Juni 2018 09:22:24 wib
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek/copyright Liputan6.com

JAMBIDAILY NASIONAL - Musim mudik lebaran sudah dimulai, menjelang berakhirnya puasa Ramadan ini tentunya banyak orang sudah bersiap-siap pulang atau mulai melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Selama arus mudik lebaran 2018 ini, Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek mengungkapkan, kemungkinan ada empat masalah yang bisa terjadi pada pemudik selama mudik Lebaran.

"Ada empat hal yang menjadi potensi masalah saat mudik, yakni kecelakaan lalu lintas, pemudik sakit, pengemudi tidak fit, dan kurang paham soal kesehatan (kesehatan diabaikan)," ungkap Menteri Kesehatan Nila F Moeloek saat meninjau pos kesehatan di KM 88 tol Cipularang, ditulis Jumat (8/6/2018).

Dilansir dari Health Liputan6.com, untuk mengatasi masalah pemudik ketika lebaran, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan fasilitas kesehatan, pos kesehatan, Public Safety Center (PSC) 119 di sepanjang jalur mudik, terminal, bandara, pelabuhan, rest area, dan tempat wisata.

“Isu kesehatan tidak mengenal libur. Kesiapsiagaan sudah menjadi SOP dalam masa apapun. Selama masa cuti bersama dan libur Lebaran 2018, pelayanan kesehatan tetap berjalan seperi biasa,” lanjut Menkes Nila.

Selama masih menjalani puasa namun sudah mulai mudik, Menkes Nila juga mengimbau pemudik agar tetap menjaga konsumsi makanan. "Batasi konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL), berperilaku hidup bersih, dan sehat di hari raya," ungkapnya.

Pola makan yang baik dengan mengonsumsi gizi seimbang serta menjaga aktivitas fisik diperlukan agar tetap bugar dan segar.


Sumber: Liputan6.com


(vem/feb)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top