Jumat, 24 November 2017 |
Pendidikan & Teknologi

Semangat Gotong Royong Pemuda Pancasila Warnai HUT ke 58 dari Bakti Sosial hingga Hiburan Rakyat

Jumat, 03 November 2017 13:08:45 wib
Foto: pemuda pancasila Jambi

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Dalam rangka HUT Pemuda Pancasila tahun 2017 ke 58 MPW Provinsi Jambi mengelar berbagai kegiatan antara lain bakti sosial, ziarah ke makan pahlawan dan hiburan rakyat.

Ketua Panitia HUT MPW, sarjono mengatakan HUT yg ke 58 Pemuda Pancasila ini dimeriahkan di seluruh Indonesia. Dengan semangat kebersamaan dan kegotong royongan bersama masyarakat 

Rangkaian kegiatan mulai tanggal 10 sampai 13 November, antara lain bakti sosial dg aksi membersihkan got got di seputar pasir putih hingga tanjung lumut, pesertanya seluruh kader kader pp dan masyarakat. Sedangkan santunan ke panti asuhan di jelutung dan kebun kopi.

"Setiap HUT PP lima tahun ke depan, kita upayakan kegiatan yang menyentuh masyarakat serta ziarah ke makam pahlawan," jelas Ir. Saryono, Ketua Panitia HUT PP MPW Provinsi Jambi dalam rapat di kantor MPW Pal Merah, (Kamis, 02/11/17)

Menurut ketua Bidang Organisasi, Dedi Fitriadi, SH, MH Pemuda Pancasila  didirikan oleh IPKI (Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 28 Oktober 1959 juga memiliki sejarah yang penuh warna dan dinamika.

Fase pendiriannya di pengujung tahun 50-an ditandai dengan perjuangan politik untuk menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945, sebagaimana diamanatkan oleh Dekrit Presiden 5 Juli 1959. 

Pada fase inilah karakter organisasi dan orientasi ideologi Pemuda Pancasila terbentuk.Manifestasi dari karakter organisasi dan orientasi ideologis dimaksud tersermin dari sikap dan komitmennya yang teguh untuk tetap mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara dan perekat ke Bhinnekaan bangsa. 

Fase perjuangan Pemuda Pancasila di era 60-an ditandai dengan pergulatan melawan kekuatan PKI dan antek-anteknya yang berupaya mengubah ideologi negara dengan faham komunis dan aktif melakukan politik devide et impera di kalangan elit dan masyarakat akar rumput.

Diusia yang ke 58 ini, seperti harapan Presiden Jokowi saat menghadiri acara puncak HUT PP ke 58 di Solo bahwa Pemuda Pancasila harus bisa mengantisipasi perubahan-perubahan yang ada agar tetap relevan dengan semangat zaman. (Release PP)

KOMENTAR DISQUS :

Top