Jumat, 24 November 2017 |
Nasional

Semnas Pra HPN 2018 di Solok, Hasilkan Gagasan Hadapi Era Global dan Digital

Sabtu, 04 November 2017 22:13:18 wib
Peserta dan Narasumber Semnas Pra HPN 2018 di Solok foto bersama Ketua Umum PWI, H Margiono

JAMBIDAILY NASIONAL-Keindahan alam Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat seakan menjadi inspirasi bagi para peserta Seminar Nasional (Semnas) Pra HPN 2018 dalam menghasilkan rumusan 13 gagasan penting dalam menghadapi era global dan digital saat ini.

"Kita berharap, melalui Seminar dengan tema " Pers Sebagai Alat Pemersatu Bangsa", dari tanggal 02 hingga 04  November 2017 ini akan memberi sumbangsih pemikiran pada pers nasional bagaimana pers berperan sebagai pemersatu bangsa,"papar Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno, saat memberi arahan dan membuka secara resmi seminar yang dihadiri para Kepala Biro Humas dan Ketua PWI se-Indonesia serta para Kabag Humas se-Sumatera Barat, di Alahan Panjang Resort Kabupaten Solok Sumbar.

Secara khusus, Gubernur berharap dukungan semua pihak agar terpilihnya Sumbar sebagai tuan rumah peringatan puncak HPN 2018 tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Ketua Umum PWI Pusat H Margiono dalam paparannya menyampaikan, Pers selama ini telah menjalankan kegiatannya sesuai kinerja Pers ditengah-tengah perbedaan dalam bingkai demokrasi bangsa.

Pers sebagai pemersatu bangsa sebagai tujuan yang ideal.  Tapi bersatu dalam penyeragaman pendapat tidak baik.  Pers membangun dan menjaga demokrasi.

"Perbedaan harus dijaga bukan harus disatukan dengan semu,"paparnya.

Sedangkan Staff Ahli Kominfo RI Bidang Komunikasi dan Media Massa, Drs Gun Gun  Siswadi MSi, menyampaikan, ditengah era global dan digital saat ini, masyarakat dibanjir informasi.

Ironisnya penggunaan media sosial menjadi ajang penyebaran hoax yang dapat membuat masyarakat panik dan dapat menjadi pemicu konflik ditengan masyarakat.

"Untuk itu perlu sosialisasi dan literasi media agar masyarakat tercerahkan dalam menerima informasi,"harapnya.

Sementara itu, dalam paparannya, Staff Ahli Mendagri Drs Hamdani, menyampaikan, dalam memenuhi tanggung jawabnya memberi informasi ke masyarakat, Pers Pemerintah (TVRI, RRI dan LPP Lokal) dapat membangun sinergi yang baik dengan media-media mainstraim.

"Pemerintah perlu membangun komunikasi yang baik dengan media mainstream dan media pemerintah sendiri agar informasi ke masyarakat tersampaikan dengan baik."

Berangkat dari berbagai persoalan-persoalan yang ada dan tantangan era digital dan global saat ini, melalui Seminar Nasional Pra HPN yang dipandu Dr Emeraldi Charta itu berhasil merumuskan gagasan penting sebagai acuan pemikiran bersama untuk pemersatu bangsa dengan terus merawat perbedaan sebagai bagian dari demokrasi.

Bupati Solok, H Gusmal SE MM, menyampaikan apresiasi khusus atas rumusan gagasan yang dihasilkan dari Seminar Nasional Pra HPN 2018 tersebut.

"Mudah-mudahan rumusan Seminar di Solok menjadi sumbangsih kita bersama dan dapat menjadi acuan kedepan,"harapnya.

Dia juga berharap, jika ada kekurangan dari kegiatan Semnas ini agar dapat dimaklumi.  Dan dalam kesempatan tersebut, Alumnus S2 UNP itu menyampaikan keindahan Kabupaten Solok yang dapat menjadi sebagai salah satu tujuan wisata di Sumbar dan Nasional.(*)


Penulis : Hery FR

 

KOMENTAR DISQUS :

Top