Minggu, 21 April 2019 |
Wisata & Budaya

Senja di Danau Sipin Memberikan Rasa Candu dan Ketagihan

Rabu, 03 April 2019 12:01:18 wib
Foto: ist/Net

JAMBIDAILY WISATA -  Warga kota Jambi khususnya tentu sangatlah haus akan tempat wisata yang dapat melegakan segala aktivitas dan kesibukan kerja sehari-hari, meredakan padatnya jalanan bersimbah raungan mesin, menenangkan debu-debu yang tampak akrab merangkul polusi beterbangan iringi lelah dan penatnya kita demi sebuah cita-cita serta harapan masa depan.

Tubuh dan pikiran butuh rehat sejenak, butuh menghela udara segar dalam suasana alam dan pedesaan agar dapat merefresh untuk kembali pada aktivitas selanjutnya. Di Kota Jambi terdapat Danau Sipin di kecamatan Telanaipura, danau alami yang tentunya bukanlah sesuatu asing atau baru didengar. Namun apakah anda mengetahui bahwa kini sedang didandani, dipercantik, dan memiliki fasilitas dengan harapan nantinya menjadi jawaban wisata alam di 'Tanah Pilih Pesako Betuah'

Menuju ke lokasi danau sipin didukung oleh jalan-jalan kota Jambi yang baik, dekat juga dari beberapa hotel besar dan berbintang hanya membutuhkan beberapa menit saja, anda sudah dapat bercengkrama dengan Danau Sipin yang memiliki pemandangan panorama khas, dengan deretan perumahan khas melayu Jambi.

Danau Sipin memiliki luas 89,2 hektare, panjang sekitar 4.500 meter dan lebar rata-rata sekitar 300 meter lebih dengan kedalaman danau 2-6 meter. Walikota Jambi DR H Syarif Fasha ME menggagas dan mulai membangun wisata alam yang termasuk kategori Danau Laguna ini karena permukaan airnya dipengaruhi Sungai Batanghari melalui Anak Sungai Legok sebagai penghubungnya.

Pada tahun 2017 mulai dibangun berupa fasilitas jogging track 480 meter di bantaran danau. Pemerintah kota gelontorkan Dana pembangunan berasal dari APBD Kota Jambi sebesar Rp. 3,5 miliar. Ada juga jembatan penghubung antar beronjong dan kios UMKM untuk cenderamata dan kuliner, sarana penunjang wisata air, serta normalisasi kawasan danau. 

Kedepan akan banyak Event-event olahraga air, tidak hanya lokal namun juga bertaraf Internasional berlangsung di kawasan wisata panorama alam yang indah alami dan kondisi air cukup tenang serta bentuk danau panjang dan melingkari Pulau Sipin, alam di sepanjang danau ini masih terlihat alami ditumbuhi semak belukar dengan pohon-pohon rimbun.

Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, berharap agar Danau Sipin jadi destinasi wisata unggulan Kota Jambi, bisa jadi salah satu ikon Kota Jambi, dan juga bermanfaat bagi perekonomian masyarakat. Hal itu dikemukakan Fachrori saat Peninjauan Pembangunan Objek Wisata Danau Sipin, Akhir tahun lalu, Senin (31/12/2018). 

"Semoga pembangunan wisata Danau Sipin ini cepat diselesaikan baik dari pemerintah Provinsi Jambi maupun dari Pemerintah Kota Jambi, sesuai dengan janji Menteri PUPR RI akan menyelenggarakan perlombaan pacu perahu tingkat internasional di Danau Sipin ini," kata Fachrori.

Terbaru, sempat dilakukan ujicoba Jetsky, yang rencananya digadang-gadang sebagai fasiltas terfavorit nantinya di kawasan danau yang oleh masyarakat masih dimanfaatkan untuk budidaya perikanan keramba. Tentunya akan menjadi nilai tambah memanjakan mata anda terdapat karena Di tengah-tengah danau beberapa keramba ikan yang memang sengaja di buat oleh para nelayan ikan, dan juga terdapat sebuah rumah panggung yang digunakan sebagai tempat peristirahatan para nelayan.

Walikota Jambi DR Syarif Fasha MM, terus memperlihatkan aktivitas positif dan menggerakkan masyarakat menjaga Danau sipin, seperti bergotong-royong bersama para OPD dan berbagai pihak rutin membersihakn danau dari tumbuhan air Eceng Gondok. Tak Tanggung-tanggung Walikota Inovatif ini juga laksanakan pelantikan pejabat-pejabatnya di kawasan danau sipin.

Anda Selebgram, Youtuber, Penggiat Vlog ataupun penggila Swafoto alias Selfie,? tentunya Danau sipin menjadi pilihan di kota Jambi. Tidak hanya berada di bantaran saja, selain Jetsky nantinya. Saat ini perahu-perahu tradisional penuh warna bersedia membawa anda berkeliling sambil menikmati sore hari dengan biaya yang menyejukkan dompet dan tidak membuat kantong anda kering.

Sembari bersolek, jambidaily.com (Selasa, 02/04/2019) menyaksikan Danau sipin kini terus dipadati wisatawan lokal berbagai usia dan golongan, terutama sore hari menyaksikan matahari terbenam ataupun hanya sekadar foto-foto, melepas lelah bekerja bersama rekan, keluarga, sahabat dan lainnya menikmati pemandangan yang sangat eksotis, semilir angin sejuk berhembus mampu menghanyutkan para pengunjung.

Inilah Danau sipin penyaji senja penuh makna, memberikan rasa candu dan ketagihan. Belum lengkap perjalanan anda saat ke kota Jambi sebelum menyapa senja di danau sipin.

 

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top