Senin, 24 Februari 2020 |
Ekonomi

Sensus Ekonomi 2016, BPS Provinsi Jambi Terjunkan 3.160 Petugas Sensus

Sabtu, 19 Maret 2016 07:02:33 wib
Apel Siaga Sensus Ekonomi 2016 BPS Provinsi Jambi

JAMBIDAILY EKONOMI-Menyiapkan data perekonomian secara menyeluruh, Badan Pusat Statistik (BPS) Propinsi Jambi siap melakukan dan menyukseskan Sensus Ekonomi (SE) 2016.

Kesiapan tersebut dimulai dengan menggelar Apel siaga Sensus Ekonomi tahun 2016, Jumat 18 Maret 2016 yang dihadiri Wakil Gubernur Jambi, H Fachori Umar di di Halaman Kantor BPS Provinsi Jambi.
 
Dalam sambutan Gubernur Jambi H Zumi Zola, yang dibacakan Wagub, menyebutkan sensus Ekonomi yang mulai dilaksanakan 1-31 mei 2016 mendatang merupakan pondasi bagi pengukuran kegiatan usaha di Indonesia dan menjadi agenda besar dalam siklus 10 tahunan karena menghasilkan data dasar seluruh kegiatan ekonomi kecuali pertanian, yang sangat bermanfaat dan ditunggu bagi pemerintah sebagai landasan penyusunan kebijakan,perencanaan dan evaluasi pembangunan ,sesuai UU nomor 16 tahun 1997 tentang statistic, tugas pendataan SE 2016 yang diemban BPS.
 
“Menyadari pentingnya SE 2016 untuk pembangunan bangsa khususnya provinsi Jambi, maka diharapkan semua pihak dapat memantu mengawasi,terutama bagi petugas lapangan.pihaknya menghimbau agar petugas menjalankan tugasnya sesuai aturan yang ditetapkan pada pelaksanaan SE 2016, jumlah petugas yang dibutuhkan mencapai 3 ribu 160 petugas , untuk mendata 5 ribu 413 blok sensus dengan kurang lebih 250 ribu usaha” ungkap Gubernur
 
Sementara itu, Kepala BPS Propinsi Jambi  Dadang Hardiwan menyebutkan melalui apel siaga SE 2016 yang serentak dilakukan kabupaten kota secara nasional ini merupakan bentuk kesiapan dan sosilisasi,  sehingga diharapkan kepada semua pelaku usaha memberikan data sebenarnya  karena hasil pendataan menjadi data dasar untuk pemerintah baik pusat dan daerah untuk kegiatan ekonomi kecuali pendataan pertanian, karena pertanian telah disensus sebelumnya.
 
SE 2016 mencakupi seluruh usaha pemerintah, non profit, rumah tangga, online, nor formal hingga korporasi /perusahaan ini ditambahkan Dadang ditargetkan 17 agustus, pada pidato presiden RI mendatang data sudah diketahui, minimal jumlah usaha secara umum.
 
“Dari 3.160 petugas lapangan, sekitar 900 orang diantaranya mendata di wilayah kota Jambi,  terkait usaha online, hal ini diakui  membutuhkan pendekatan dari rumah ke rumah, agar dapat tercover” ungkap Dadang. (jambidaily.com/NWN)

KOMENTAR DISQUS :

Top