Jumat, 24 November 2017 |
Advetorial

Sherrin akan Perkenalkan Senam Tera Kepada Masyarakat Jambi

Sabtu, 28 Oktober 2017 19:34:43 wib
Foto: Mulyadi/Humas Pemprov Jambi

JAMBIDAILY PKK, Adv - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola mengungkapkan akan memperkenalkan Senam Tera kepada masyarakat di Provinsi Jambi. Hal tersebut diungkapkan Sherrin saat menghadiri Peringatan Hari Tera Indonesia yang ke-32 Tahun 2017, bertempat di Lapangan Dalam SMP - SMA Islam Al-Falah Kota Jambi, Sabtu (28/10/2017) sore.

Senam tera merupakan latihan fisik dan mental yang memadukan gerakan bagian-bagian tubuh dengan teknik dan irama pernapasan melalui pemusatan pemikiran, serta dilaksanakan secara teratur, serasi, benar dan berkesinambungan.

Yayasan Jami' Al-Falah bekerja sama dengan Senam Tera Indonesia mengadakan lomba senam tera pernafasan pokok, dalam rangka memperingati Hari Tera Indonesia yang ke-32 Tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 12 November 2017, dan memasyarakatkan senam tera di Provinsi Jambi.

Sherrin menyampaikan, seperti yang telah diketahui bersama, kalimat mens sana ini corpore sano yang artinya dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, sehingga menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sangat diperlukan, karena itu merupakan upaya dalam membentuk jiwa yang kuat, salah satunya melalui senam tera.

"Senam tera ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah gerakan peregangan yang ada pada senam tera ini, bertujuan untuk meregangkan otot sebelum memulai gerakan senam, selanjutnya gerakan persendian yang menggerakkan seluruh persendian, dan bermanfaat bagi kesehatan fisik serta mental kita," ujar Sherrin.

Sherrin mengemukakan, akan menyebarluaskan senam tera ini di Provinsi Jambi, terutama kepada ibu-ibu dan bapak-bapak PKK di Provinsi Jambi karena olahraga pada dewasa ini bukan lagi merupakan prioritas yang utama seiring dengan rutinitas sehari-hari yang begitu banyak, sehingga keinginan untuk berolahraga sudah mulai berkurang padahal olahraga sendiri sangat penting bagi tubuh.

"Insya Allah, melalui senam tera ini, kita bisa membangkitkan kembali minat olahraga yang sudah mulai memudar. Saya juga mengharapkan dukungan dari semua pihak dalam memperkenalkan senam tera ini kepada masyarakat di Provinsi Jambi," tutur Sherrin.

Lebih lanjut, Sherrin menambahkan, TP PKK Provinsi Jambi akan bersinergi dengana Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, seluruh TP PKK Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi serta semua pihak terkait, untuk mensosialisasikan senam tera ini di Provinsi Jambi, sehingga masyarakat Provinsi Jambi bisa mengetahui senam tera ini.

Pembina Senam Tera Indonesia Provinsi Jambi dan Ketua Yayasan Jami' Al Falah Jambi, Dra.Hj.Juniwati T. Masjchun Sofwan menjelaskan, senam tera ini sudah ada sejak tahun 1985 dan dikenal di Indonesia, hanya dibeberapa daerah saja yang belum mengenal senam tera dan belum memiliki kepengurusan, termasuk di Provinsi Jambi. Senam tera ini sangat perlu untuk tubuh, karena senam tera merupakan senam terapi.

"Pertama kali saya diinstrusikan oleh Wakil Ketua DPD RI untuk mengkoordinir senam tera ini di lingkungan DPD RI, setelah mengikuti senam tera ini dan menghidupkannya di lingkungan DPD serta merasakan manfaatnya, saya juga ingin memperkenalkan senam tera ini kepada masyarakat Jambi karena Provinsi Jambi adalah daerah pilih saya serta bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Jambi," terang Juniwati.

Lebih lanjut, Juniwati menerangkan, senam tera yang sangat baik untuk kesehatan ini terdiri dari 3 gerakan, yaitu gerakan peregangan, gerakan persendian, dan gerakan pernapasan pokok. Senam tera ini bersumber dari senam pernapasan Taichi yang mempunyai olah dasar pernapasan dan dipadukan dengan seni bela diri, serta dikombinasikan dengan gerakan peregangan dan persendian.

"Jadi senam tera ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita, senam ini sangat cocok untuk semuanya dari yang muda sampai yang tua, karena pada senam tera ini juga memiliki senam terapi. Saya mengharapkan Pemerintah Provinsi Jambi bisa menerapkan senam tera ini kepada para pegawainya untuk bisa memperkenalkannya kepada masyarakat Provinsi Jambi," pungkas Juniwati.

Turut hadir dalam acara tersebut, anggota DPD RI daerah pilih Jambi sekaligus Pengawas Yayasan Jami' Al-Falah , Hj.Daryati Uteng, Ketua Senam Tera Indonesia Provinsi Jambi serta para undangan lainnya. 

Sebelum lomba senam tera dimulai, Sherrin bersama Juniwati dan para peserta lomba, melakukan senam tera bersama. (Richi/Mustar/Humas Pemprov Jambi)

KOMENTAR DISQUS :

Top