Jumat, 24 November 2017 |
Advetorial

Sherrin: Dekranasda akan Launching Batik Jambi Warna Pastel

Minggu, 22 Oktober 2017 09:13:03 wib
Photo: Humas Pemprov Jambi

JAMBIDAILY DEKRANASDA, Adv - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola mengemukakan bahwa pada Senin, 23 Oktober 2017, Dekranasda Provinsi Jambi bekerjasama dengan desainer nasional ternama, Barly Asmara, akan melaunching Batik Jambi warna pastel di Jakarta dalam Even Jakarta Fashion Week. Hal itu disampaikan oleh Sherrin Tharia dalam Konferensi Pers Dekranasda Provinsi Jambi tentang Rencana Launching Batik Jambi Warna Pastel, bertempat di Ruang VIP Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (21/10/17) sore.

Sherrin mengatakan, launching warna Batik Jambi ini merupakan yang kedua setelah Dekranasda bekerjasama dengan Barly Asmara, beberapa waktu yang lalu dilakukan launching Batik Jambi warna hitam putih, tepatnya pada tanggal 23 Maret 2017, dalam even Indonesia Fashion Week 2017 di Plaza Indonesia, Jakarta.

Sherrin menjelaskan, alasan pemilihan warna pastel, selain untuk menambah koleksi warna Batik Jambi adalah agar Batik Jambi semakin bisa diterima semua kalangan, terutama generasi muda, agar anak muda lebih rileks menggunakannya.

Kedepan, ujar Sherrin, Dekranasda dan semua pihak terkait akan mengangkat pewarnaan-pewarnaan alam, termasuk untuk tenun.

“Motifnya motif duren pecah, kapal sanggat, dan motif-motif Jambi lainnya. Tahun depan, kita akan mengangkat motif-motif yang ada di Museum Jambi, untuk mengangkat sejarah dan budaya Provinsi Jambi. Ada 48 koleksi yang akan ditampilkan dalam launching tersebut,” tutur Sjherrin.

Sherrin berharap agar semua lini masyarakat Jambi mengenal Batik Jambi, mulai dari anak-anak TK, dan untuk itu, pengenalan Batik Jambi harus diupayakan kepada anak sejak dini.

Sherrin pun memohon dukungan doa dari masyarakat Provinsi Jambi agar launching Batik Jambi warna pastel tersebut berlangsung lancar dan sukses. “Mudah-mudahan Jambi lebih dikenal dari batiknya,” pungkas Sherrin.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi Jambi, Ariansyah mengungkapkan, launching dilaksanakan di Jakarta, karena sebagai ibukota negara Indonesia, Jakarta juga kiblat fashion di Indonesia. Selain itu, Ariansyah meyatakan bahwa kerjasama dengan Barly Asmara melibatkan 85 orang pengrajin Jambi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, Ujang Hariadi menambahkan, Disbudpar bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mengupayakan agar Batik Jambi masuk dalam muatan lokal pendidikan di Provinsi Jambi. (Mustar Hutapea/Humas Pemprov Jambi) 

KOMENTAR DISQUS :

Top