Rabu, 22 November 2017 |
Wisata & Budaya

Situs Muak, Media Pemujaan Suku Prasejarah Kerinci

Rabu, 13 Mei 2015 00:20:20 wib
Situs Muak Kerinci/masurai.com

JAMBIDAILY WISATA-Situs Muak terletak di perkampungan kuno Jerangkang Tinggi, desa Muak, kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi. Secara geografis berada pada Koordinat 02º10’56.76” LS dan 101º32’50.27” BT.

Situs ini terletak di perkampungan penduduk yang berada pada ketinggian 910 m di atas permukaan laut. Berada sekitar 500 m dari Sungai Jernih dan 2 km dari Danau Kerinci. Jenis tinggalan megalitik, yaitu,lumpang batu dan batu monolit.

Lumpang batu berbentuk persegi tidak beraturan dengan ukuran 72 x 60 x 25 cm. Di atasnya terdapat lubang yang menyempit ke bawah dengan diameter 30 cm. Selain lubang lumpang, juga terdapat lubang dakon sebanyak 8 buah dengan diameter 4-8 cm. Di sebelah lumpang batu terdapat batu monolit yang berbentuk lonjong tidak beraturan dengan ukuran tinggi 35 cm dan diameter 66 cm. Pada seluruh permukaannya terdapat pahatan berbentuk manusia, kuda, gajah, kerbau, anjing, dan tumbuhan sulur-suluran.

Benda cagar budaya Monilit ini menurut Iskandar Zakaria sebelum tahun 1960 dikawasan lain dalam wilayah Jerangkang Tinggi (Desa Muak) pada tahun 1960 Batu ini diletakkan masyarakat di pintu masuk dusun dan pada tahun 1993 benda budaya ini dipindahkan ketempat yang lebih aman sekitar 100 meter dari simpang tiga jalan masuk ke  dusun, pemerintah pada saat itu membangun cungkup untuk pengamanan.

Benda peninggalan zaman Prasejarah ini dibuat oleh masyarakat masa lampu erat kaitannya dengan kepercayaan nenek moyang suku Kerinci yang mempercayai kekuatan roh roh, batu berelief ini merupakan media pemujaan bagi masyarakat suku Kerinci di masa prasejarah.


Sumber:Budhi.VJ/masurai.com

KOMENTAR DISQUS :

Top