Selasa, 22 Mei 2018 |
Ekonomi

SKK Migas Berharap Mampu Ciptakan Dampak Positif untuk Pengembangan Daerah

Sabtu, 14 Oktober 2017 08:02:13 wib
Photo-photo: skkmigas.go.id

JAMBIDAILY MIGAS, Ekonomi - Satuan Kerja Khusus (SKK) Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (Migas) selain terus meningkatkan Produksinya dalam memenuhi kebutuhan negara akan minyak dan gas juga berupaya dapat memberikan dampak positif untuk pengembangan daerah.

Secara level lokal Provinsi Jambi, SKK Migas terletak dibeberapa titik, yang dikelola oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) adalah pihak yang memiliki Kontrak Kerja Sama dengan Pemerintah RI (SKK Migas), merupakan Badan Usaha Tetap atau Perusahaan Pemegang Hak Pengelolaan dalam suatu Blok atau Wilayah Kerja yang memiliki hak untuk melakukan kegiatan eksplorasi, eksploitasi minyak dan gas bumi di Indonesia.
 
1. Untuk KKKS Produksi, yaitu: 
  • Petrochina International Bangko Ltd, Petrochina International Bangko Ltd (Bangko block area I & II, Jambi - South Sumatera).
  • Petrochina International Jabung Ltd, Petrochina International Jabung Ltd (Jabung block, ons. Jambi).
  • Job Pertamina Talisman Jambi Merang job (Jambi merang block, onshore Jambi). 
  • Pertamina talisman Jambi Merang (Jambi merang block, onshore Jambi).
  • Tately n.v.tately n.v (palmerah block, Jambi-South Sumatera).
  • Conocophillips (south Jambi) Ltd (South Jambi b block, ons. Jambi).
  • MontD’Or Oil Tungkal Limited, Pematang Lantih Field (Kabupatenn Tanjung Jabung Barat dan Mangopeh field Kabupaten Tebo.

2. Untuk KKKS Eksplorasi, yaitu: 

  • Batanghari block, Jambi. CNOOC Batanghari Ltd.
  • Batugajah block, Jambi. Ranhill Jambi Inc. Pte. Ltd.
  • East Jabung block, Jambi & Riau. Talisman East Jabung Bv.
  • Kalyani block, Jambi & South Sumatra. Eurorich Group Ltd.
  • Merangin-I block, Jambi. PT Medco E&P Merangin.
  • South Betung block, Jambi & South Sumatera. Techwin Energy South Betung Limited.
  • South East Tungkal block, Jambi. Gujarat State Petroleum Corporation Limited.
  • South Lirik block, oshore Riau, Jambi & Sumatera Barat. Indrillco South Lirik Ltd. 
  • West Belida block, Jambi-South Sumatera. Orchard Energy (West Belida) Ltd. 
  • West Tungkal block, Jambi. PT. Three Golden Energy West Tungkal.

Melalui Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel lewat program Corporate Social Responsibility (CSR) tidak henti-hentinya memberikan perhatian akan Masyarakat sekitar operasional baik bantuan umum di berbagai bidang, termasuk Program Infrastruktur, Ekonomi, Kesehatan, Lingkungan, Sosial Budaya dan Pendidikan. Bidang Pendidikan baik berupa bantuan buku bacaan, peralatan sekolah juga banyaknya program beasiswa yang disalurkan terutama di Perguruan Tinggi. 

Terbaru SKK Migas bersama Dinas Pendidikan Provinsi Jambi menggelar Lomba cerdas cermat juga penulisan makalah bahkan masuk ke kampus-kampus yang ada memberikan materi kuliah umum.

"kami secara rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui kuliah umum kepada mahasiswa-mahasiswa yang ada di kabupaten dalam provinsi Jambi, itu rutin setiap tahun dari satu universitas ke universitas lainnya," Kata Dian Sulistiawan Kepala Urusan Humas SKK Migas Sumbagsel.

(Dian Sulistiawan Kepala Urusan Humas SKK Migas Sumbagsel "Berbaju Kemeja Putih", Saat di kegiatan LCC)

Hal tersebut disampaikan Dian saat menjawab pertanyaan dari Awak Media usai membuka Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, di Novita Hotel, (Rabu, 11/10/17).

"untuk LCC ini kami sangat terbantu sekali adanya sosialisasi kepada siswa/siswi SMA/SMK dan masyarakat sekitar dari operasional SKK Migas," Ujar Dian.

Komitmen tersebut tentu tidak mengherankan jika SKK Migas mampu meraih berbagai penghargaan dibidang CSR, seperti SKK Migas – PetroChina Raih CSR Award 2016 dari Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) pada, 20 Desember 2016.

Penghargaan bidang CSR yang terhangat Piagam penghargaan atas partisipasi kepada masyarkat melalui program corporate social responsibility (CSR), berhasil diraih Petro China International Jabung Ltd dan PT Pertamina EP Aset 1 Jambi Field, pada Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) Se-Sumatera di hotel Swissbel Jambi, Senin (09/10/17) disaksikan langsung Oleh Menteri dalam Negeri dan Menteri PUPR Republik Indonesia.

"harapannya SKK Migas terus mendapat dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah untuk kegiatan operasional yang ada di Jambi," Ungkap Kepala Urusan Humas SKK Migas Sumbagsel, Dian Sulistiawan disela-sela Kegiatan LCC.

Secara di level nasional, kemarin (Jum'at,13/10/17) SKK Migas melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU)  melakukan sinergitas bisnis. “Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan jasa dalam negeri yang dimiliki oleh Garuda Indonesia serta untuk mendukung kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi di Indonesia,” Ujar Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi.

Didalam laman resminya skkmigas.go.id melansir bahwa, Hal ini tentunya akan mendorong penciptaan multiplier effect yang lebih besar disamping efisiensi dan percepatan yang diharapkan. Lokasi operasi hulu migas yang berada di daerah-daerah remote juga dapat menciptakan dampak positif berupa percepatan pengembangan daerah, termasuk pengembangan sarana dan fasilitas pendukung layanan jasa angkutan udara mulai dari perintis sampai bertumbuh seperti daerah-daerah operasi yang sudah ada saat ini.
 
“Kita berharap semua pemangku kepentingan dapat mendukung operasi hulu migas sehingga multiplier effect hadirnya industri ini akan benar-benar dirasakan oleh daerah,” ujar Amien.


Tentang SKK Migas

Institusi yang dibentuk oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. SKK Migas bertugas melaksanakan pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi berdasarkan Kontrak Kerja Sama. Pembentukan lembaga ini dimaksudkan supaya pengambilan sumber daya alam minyak dan gas bumi milik negara dapat memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal bagi negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, SKK Migas menyelenggarakan fungsi:

  • Memberikan pertimbangan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral atas kebijaksanaannya dalam hal penyiapan dan penawaran Wilayah Kerja serta Kontrak Kerja Sama;
  • Melaksanakan penandatanganan Kontrak Kerja Sama;
  • Mengkaji dan menyampaikan rencana pengembangan lapangan yang pertama kali akan diproduksikan dalam suatu Wilayah Kerja kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral untuk mendapatkan persetujuan;
  • Memberikan persetujuan rencana pengembangan selain sebagaimana dimaksud dalam poin sebelumnya;
  • Memberikan persetujuan rencana kerja dan anggaran;
  • Melaksanakan monitoring dan melaporkan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral mengenai pelaksanaan Kontrak Kerja Sama; dan
  • Menunjuk penjual minyak bumi dan/atau gas bumi bagian negara yang dapat memberikan keuntungan sebesar-besarnya bagi negara.

 

(Hendry Noesae)

 

 

Berita Terkait:

 

KOMENTAR DISQUS :

Top