Minggu, 08 Desember 2019 |
Advetorial

SKK Migas-PetroChina International Jabung, Dukung Pengembangan Kopi Liberika Tungkal Komposit

Senin, 25 November 2019 08:37:39 wib

JAMBIDAILY BETARA, Tanjab Barat/Adv - Kelompok Usaha (KUB) Haji Bangun akan menyelenggarakan Rembuk Kampung dan Penanaman 10.000 Bibit Kopi Liberika Tungkal Komposit, di Area Perkebunan Panting Nol, Dusun Sungai Haji, Desa Sungai Terap, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Minggu (24/11/19).

SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd, hadir dalam upaya peningkatan perekonomian warga desa dan mewujudkan keterampilan warga mengolah bahan baku yang ada di desa menjadi produk-produk unggulan desa.

Acting Field Manager PertoChina International Jabung Ltd, Rudi Hermawan mengatakan sebuah kesempatan yang amat luar biasa dapat hadir dan berkontribusi dalam salah satu usaha membantu peningkatan perekonomian masyarakat desa.

"Sebuah kesempatan yang amat luar biasa dapat hadir dan berkontribusi, Kami harapkan dapat mewujudkan terciptanya keterampilan-keterampilan masyarakat untuk mengolah sumber daya alam yang ada di desa menjadi komoditas yang bersifat ekonomis," Ungkap Rudi Hermawan.

Sementara itu, Safrial selaku Bupati Tanjung Jabung Barat mengatakan tujuan acara ini adalah untuk memberikan motivasi bagi para petani dan dalam rangka membantu meningkatkan Sumber Daya Manusia "Saya mengharapkan agar dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud," ujar Safrial.

Ia menyatakan, perkebunan merupakan salah satu yang memiliki potensi cukup luas serta aset dan modal dasar bagi pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kopi liberika sudah ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sejak tahun 1940 dan menjadi tanaman yang dapat dibudidayakan dan sudah mendapat hak paten dari Kemenkumham tahun 2015. Dan ini sudah menjadi produk unggulan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat," kata Bupati.

Dia menambahkan, dalam satu Dasa terakhir, keberadaan tanaman kopi liberika sungguh terancam karena petani tergiur dengan harga komoditi perkebunan lain, sehingga dialihkan fungsi komoditi lain juga "Oleh karena itu butuh komitmen yang kuat baik dari petani maupun stakeholder terkait untuk mempertahankan keberadaan kopi liberika Tungkal komposit di Kancah perkopian nasional," tukasnya.

Bupati menyebutkan Sudah banyak upaya yang telah dilakukan untuk mengangkat kopi liberika Tungkal komposit menjadi produk unggulan daerah dan produk yang menjadi lokomotif bagi kegiatan ekonomi kreatif.

"Saya berharap pada kelompok kelompok tani yang mendapat bantuan tetap komitmen dan terus mengembangkan usaha-usaha yang ada sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan selanjutnya saya instruksikan kepada ajaran yang terkait agar dapat berperan aktif dalam membina dan mendampingi petani," paparnya.

Terakhir Bupati safrial juga menyampaikan bahwa dirumah jabatan bupati sudah menyajikan kopi liberika tungkal komposit untuk menjamu para tamu. 

Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Perindag Provinsi, Kadis Perkebunan, Para staf ahli, para asisten, para kepala OPD, Perwakilan PertroChina International Jabung Ltd dan SKK migas, Camat betara, para kades se-kecamatan bertara, para petani kopi serta undangan lainya.

(Sukesih Aprilia, SKK Migas Sumatera Bagian Selatan/Foto: Dok)


(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top