Rabu, 16 Oktober 2019 |
Hukum

Sosialisasi Sampai Pencegahan Narkoba, Tim Kodam Sambangi Jambi

Rabu, 11 September 2019 20:35:19 wib
JAMBIDAILY HUKUM – Tim Staf Intel Kodam II/Swj menggelar kegiatan sosialisasi dan uji petik Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

"Dalam hal ini tim Sintel Dam II/Swj menyambangi Kodim 0415/Batanghari pada hari ini," ujar Kapenrem 042 Gapu, Mayor Inf Firdaus, Rabu (11/9).

Kegiatan ini, kata Firdaus, merupakan program dari Kodam II/Swj harus dilaksanakan dari Komando Atas dan jajaran Kodim juga harus melaksanakan kegiatan P4GN karena narkoba merupakan senjata untuk melumpuhkan sendi-sendi suatu negara.

Waasintel Kasdam II/Swj Letkol Kav Dodi Syamsurizal, S.H langsung memberikan Sosialisasi dan Uji Petik Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) pada Personel Jajaran Kodim 0415/Bth TW. III Tahun 2019 di Aula Sultan Thaha Kodim 0415/Bth Jl. Urip Sumoharjo Kel. Jelutung Kec. Jelutung Kota Jambi.

Selanjutnya Letkol Kav Dodi Syamsurizal, S.H menyampaikan, saat ini merupakan perang asimetris bukan perang melakukan alat perang. Jalur narkoba masuknya dari sumatera dan banyak jalur-jalur yang menjadi celah saat ini di wilayah Kodam II/Swj baik itu aparatur negara, TNI dan Polri yang merupakan faktor individu karena awalnya coba-coba berdampak pada pelanggaran asusila, gangguan jiwa, perilaku menyimpang, memicu kejahatan dan hukuman penjara.

"Kami menekankan agar anggota tidak ada yang terlibat narkoba sesuai dengan Perintah Kasad, ujar Dodi.

Pada kesempatan lain diberikan pula penyuluhan Hukum oleh Kakumrem Mayor Chk Dedy Afrizal, S.H., M.H., menyampaikan penyalahgunaan narkoba sudah banyak merenggut ribuan nyawa melayang setiap tahunnya. Sangat merugikan bangsa Indonesia dampaknya akan mencetak generasi yang tidak berkualitas dan sekarang sudah masuk ke institusi TNI.

"Dampak bahaya narkoba secara sosial cenderung terpencil dari lingkungan luas dan agama tidak ada yang mengajarkannya karena hal tersebut diharamkan, dari medis diperbolehkan tetapi dengan takaran tertentu dalam perawatan Dokter," katanya.

Selanjutnya, lanjutnya, dampak narkoba menyebabkan menjadi pemalas, pengangguran dan boros. Penyalahgunaan narkoba adalah merupakan tindakan kriminal jangan ada rehabilitasi di TNI. "Kita proses secara hukum dan diberikan pemberatan/dipecat. Jauhi narkoba karena merupakan racun dan sampah bagi kita, ujar Dedy.

Setelah kegiatan penyuluhan dilakukan Tes Urine kepada Personil Kodim 0415/Batanghari mulai dari Perwira sampai dengan Tamtama, dengan menggunakan Alat Stick Answer dengan mendeteksi unsur Amp, BZD, Amphetamine, MOR, THC, dan semua dinyatakan Negatif.

Hadir pada kegiatan tersebut Pabandya Pam Sinteldam II/Swj Letkol Inf Marsyal Denny, Kasdim 0415/Batanghari Mayor Inf Beny, Kakumrem 042/Gapu Mayor Chk Dedy Afrizal, S.H., M.H, para Danramil jajaran Kodim 0415/Batanghari, Wadanramil, Para pasi Kodim 0415/Batanghari serta Anggota Kodim 0415/Bth.(penrem042gapu)

KOMENTAR DISQUS :

Top