Selasa, 16 Oktober 2018 |
Ekonomi

Spirit R&D Asian Agri Bahilang Untuk Petani Sawit "Berhasil Gemilang"

Jumat, 12 Agustus 2016 00:20:36 wib
Berkah Sawit (ft:galery asian agri)

JAMBIDAILY EKONOMI-Sebagai perusahaan salah satu dari lima perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia, Asian Agri mengajak dan mendorong kesuksesan usaha kebun para petani plasma dan swadaya binaan menunju hasil yang gemilang sesuai harapan.

"Inilah salah satu upaya Asian Agri akan terus memberi bantuan agar para petani plasma dan swadaya mencapai hasil yang diharapkan (hasil gemilang-red),"ungkap Head Plasma & Kemitraan Asian Agri, Pengarapen Gurusinga, saat menerima kunjungan 10 Pimpinanan Media-PWI Jambi, baru ini, ke Pusat Research & Development (R&D) Asian Agri di Desa Bahilang Tebing Tinggi Sumatera Utara.

Dan salah satu kunci keberhasilan Asian Agri membina petani sawit plasma dan swadaya yang menjadi binaan adalah memastikan Penanaman dengan Benih berkualitas dan praktek agronomi yang terbaik.

Tak hanya penyediaan benih berkualitas, pihaknya juga akan terus melakukan pendampingan melalui tim R&D secara berkelanjutan dan pakar pertanian yang dibutuhkan petani, hingga menjamin pembelian hasil produksi dan penetapan harga serta pembayaran tepat waktu.

Dalam upaya mendorong pertumbuhan industri kelapa sawit, Asian Agri menargetkan hingga 2020 mendatang 120 Ha kebun sawit plasma dan swadaya binaan.

Kita juga mendukung para petani binaan untuk melakukan replanting kebun sawit yang tidak produktif lagi.  Apalagi ada kepercayaan dari pemerintah memberi bantuan dana replanting untuk para petani binaan Asian Agri.  Ini satu kepercayaan sebagai bukti keberhasilan yang harus dimanfaatkan para petani.

"Ini juga bukti komitmen Asian Agri melaksanakan amanat Peraturan Mentan No 98 tahun 2013 pasal 1, yang meyatakan, “Perusahaan perkebunan yang memiliki IUP atau IUP-B, Wajib membangun kebun untuk masyarakat sekitar paling rendah seluas 20% dari total luas areal kebun yang diusahakan oleh perusahaan,"papar pria yang akrab disapa pak guru ini.

Head Oil Palm Research Station (OPRS) Asian Agri, Ang Boon Beng, menyampaikan, melalui R&D dan OPRS Asian Agri, pihaknya terus melakukan penelitian dan pengembangan untuk menyediakan bibit unggulan, mengamati prilaku hama yang dapat mengancam, agar nantinya menjadikan para petani plasma dan swadaya binaan Asian Agri mendapat hasil produksi yang terukur dan berkualitas.

Tak hanya itu, melalui riset R&D akan memberi dampak positif kepada kegiatan perkebunan Asian Agri ramah lingkungan.

"Melalui OPRS Asian Agri, kami  terus berinovasi untuk menyediakan bibit-bibit unggul,"ungkap pria asal Malaysia yang telah dan terus memberi dedikasi untuk industri sawit Asian Agri ini.

Sementara itu, Perwakilan Managemen Asian Agri Pusat, Maria, menyampaikan, Kegiatan Asian Agri secara berkesinambungan bersesuaian dengan program pemerintah.

"Asian Agri focus pada Swasembada pangan, ketahanan energi dan meningkatkan kesejahteraan petani (Kemitraan)"paparnya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Jambi, Drs H Mursyid Songsang, menyampaikan apresiasi atas keterbukaan Asian Agri dalam memberi informasi seputar usaha sawit.

"Ini sangat berguna bagi para jurnalis untuk memahami persoalan usaha kebun kelapa sawit,"ungkap CEO Infojambi Group ini.

Dalam kegiatan Visit Media to Bahilang ini juga melihat langsung kegiatan para punggawa R&D Bahilang dalam melakukan berbagai penelitian terhadap daya tahan bibit sawit yang telah dihasilkan melalui proses ketat di OPRS Riau.

"Tanpa menggunakan bibit yang berkualitas, managemen agronomi yang baik, dan pendampingan berkelanjutan, nicaya harapan gemilang akan terbang"(*)


Penulis   : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top