Sabtu, 17 November 2018 |
Wisata & Budaya

Staf Ahli Menteri Pariwisata RI Buka Festival Candi Muaro Jambi ke-XII Tahun 2015

Selasa, 26 Mei 2015 06:05:23 wib

JAMBIDAILY WISATA– Festival Candi Muaro Jambi XII tahun 2015 secara resmi telah dibuka oleh Menteri Pariwisata RI yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Perlindungan Keanekaragaman Karya Kreatif DR. Hari Untoro Drajat, MA pada hari Minggu lalu (24/05/2015) dengan didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H. Ridham Priskap.

Festival yang berlangsung di Candi Muaro Jambi ini berlangsung dengan sukses dan meriah.

Menteri Pariwisata yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri DR. Hari Untoro Drajat, MA dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, dalam konteks dunia modern sekarang menunjukkan bahwa candi Muaro Jambi menjadi ikon pariwisata yang terintegratif.

“Sudah menjadi destinasi tujuan kunjungan para pelancong dari mancanegara dan memiliki prospek yang sangat strategis dalam pengembangan kepariwisataan di masa yang akan dating,” ujarnya.

Ditambahkannya bahwa sudah saatnya Candi Muaro Jambi dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan.

“Secara terfokus pariwisata warisan budaya “heritage tourism” dan wisata agama “spiritual tourism” dalam rangka menyambut keterbukaan kita dalam memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan berlaku pada akhir tahun 2015,” paparnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi yang diwakili oleh Sekda Provinsi Jambi H. Ridham Priskap dalam sambutannya mengatakan, Pelaksanaan kegiatan Festival Candi Muaro Jambi sudah barang tentu memiliki makna krusial bagi pelestarian dan pengelolaan Percandian Muaro Jambi sehingga akan sangat bermanfaat dan mempunyai pengaruh besar dalam memajukan ilmu pengetahuan, budaya, sejarah dan nilai arkeologi yang terkandung didalamnya sebagai tujuan utama.

“Selain sebagai upaya publikasi dan promosi pariwisata, yang akan meningkatkan sector usaha terkait dengan pariwisata juga berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat,” katanya.

Dijelaskannya, karena diketahui bersama bahwa Situs Percandian Muaro Jambi merupakan Kawasan Strategis Nasional sehingga perlu adanya upaya pelestarian dan pengelolaan yang lebih terarah dan berkesinambungan, sehingga nilai-nilai universalnya dapat dipertahankan.

“Maka besar harapan kami semoga dengan kehadiran Saudara Staf Ahli Menteri disini dapat menjadi momentum yang baik bagi tata kelola Candi Muaro Jambi sebagai salah satu Cagar Budaya Nasional, sehingga sudah semestinya kawasan disekitarnya menjadi Prioritas Pembangunan Nasional, yang keberadaannya dapat mendatangkan nilai balik juga kemaslahatan kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu juga, Bupati Muaro Jambi H. Burhanuddin Mahir dalam sambutannya menyampaikan bahwa bilamana pariwisata itu dikelola dengan baik maka multiplier effect akan tumbuh dan berkembang didalamnya seiring dengan kemajuan suatu daerah.

“Karena orang berwisata itu tentu orang yang membawa uang dan mereka akan berbelanja baik tiket masuk, makanan, oleh-oleh dan lain sebagainya, sehingga membawa kesejahteraan masyarakat sekitar, sebaliknya dengan sumber daya alam semakin besar dieksplorasi tentunya semakin cepat pula berkurang bahkan habis,” ungkapnya. (jambidaily.com/HMS/ADV)

KOMENTAR DISQUS :

Top