Selasa, 15 Oktober 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Sumur Bor Disiapkan TMMD Karena Minimnya Air Bersih Di Dusun Sungai Ayam

Sabtu, 20 Oktober 2018 11:14:23 wib
JAMBIDAILY TANJAB-Sumur bor yang dibangun di dua titik kawasan Dusun Sungai Ayam Desa Pangkal Duri, Kecamatan Mendahara, tempat pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Hal ini diungkapkan oleh Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Arry Yudistira melalui Danramil Muara Sabak Kapten Inf Sartono kepada wartawan saat pengecekan sumur bor dilokasi TMMD “Karena masyarakat disini sangat membutuhkan air bersih,” kata Sartono.

Didampingi oleh Babinsa Serda Rizal dan warga Sungai Ayam. Dandim mengupayakan pembangunan sumur-sumur bor.

“Sehingga bisa menyuplai air bersih di beberapa titik,” Tambah Sartono.

Sambungnya, disamping pembuatan sumur bor, juga akan ada pula bedah rumah. Karena ada beberapa rumah masyarakat yang sudah sangat tidak layak.

“Dari mana asalnya tambahan ini, nanti akan kita upayakan dari Perusahaan yang memiliki program CSR untuk terlibat di dalam pembangunan wilayah Tanjab Timur ini,” ujar Kapten Sartono.

Ditambahkannya, program TMMD ini targetnya adalah percepatan pembangunan. Diharapkan, dengan TMMD ini Mendahara bisa mengimbangi pembangunan di wilayah Kabupaten Tanjab Timur. ”Di sini kita masih jauh tertinggal. Jangankan fisik, air saja susah,” bilangnya.

Seperti diketahui, kegiatan TMMD ini meliputi fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik antara lain pembukaan badan jalan dari Dusun Sungai Ayam menuju Desa Sinar Kalimantan dengan perkiraan sepanjang 2.550 meter. Pembukaan Jalan ini diharapkan nantinya memudahkan akses darat menuju ibu kota Kecamatan Mendahara.

Kegiatan Non Fisik, dijalani dengan kolaborasi antara unsur TNI, Polri, Pemda Instansi Vertikal dan Swasta dengan bentuk kegiatan meliputi pelaksanaan penyuluhan tentang pertanian, perikanan, budaya hidup sehat, wawasan kebangsaan, trantib, lingkungan hidup, pendidikan dan listrik.

Selain itu pada TMMD ini juga dilaksanakan pemberian bantuan kepada masyarakat diantaranya adalah bantuan sembako, bantuan sarana produksi pertanian, perlengkapan sekolah, bantuan alat perikanan, bantuan Alquran dan sertifikat tanah serta pelayanan sosial sunat massal, pemberian vaksin anti rabies, Donor darah dan Pelayanan KB. (Pendim 0419)

KOMENTAR DISQUS :

Top