Jumat, 24 November 2017 |
Ekonomi

Tanggap Sosial dan Pendidikan Masyarakat, MontD’Or Oil Tungkal Limited Lakukan Aksi Nyata

Kamis, 02 November 2017 18:22:31 wib
Dharma Irawan Jenie dan Kepala Desa: Anggi Safutra/Photo: jambidaily.com/Hendry Noesae

JAMBIDAILY MIGAS, Ekonomi - MontD’Or Oil Tungkal Limited Pematang Lantih Field tepatnya berada di kecamatan Muara Papalik, Dusun Mudo, Kabupaten Tanjung Jabung Barat terus  melakukan tindakan nyata akan keberadaannya disana untuk serta dan turut andil dalam ekonomi, sosial, pembangunan dan bidang pendidikan.

Kali ini jambidaily.com (Kamis, 02/11/17) mendapat kesempatan menyaksikan langsung pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) bersama Dharma Irawan Jenie selaku General Manager, Agus Suryono selaku Public Relations Manager dan Sigit Agung Putra bersama rombongan.

Sebelum melakukan serah terima sumur bor dan agenda kedatangan, Rombongan dari MontD’Or sempatkan berbincang-bincang bersama perangkat desa, tentang program yang bakal diserahkan dan kendala-kendala temuan saat pengerjaan agar dapat merencanakan program lanjutan di tahun 2018.

“nanti pak sigit bersama pak kades, Inventarisir apa saja yang sudah dilakukan. Kalau bisa lebih dari satu sumur sangat baik, namun saat ini kita baru berhasil satu sumur sementara itu kita gunakan dulu untuk masyarakat. Semoga bisa dimaksimalkan, mungkin di model bergilir agar semua bisa menikmati,” Ujar Agus Suryono selaku Public Relations Manager.

“berikutnya kita coba buat lagi sumurnya, kita cari yang pas sumber airnya dan bisa sampai ke warga, seperti satu yang gagal itu di SDN 68/V tidak ketemu air. Artinya kita akan coba lagi buat sumur dan lakukan pengeboran tetapi disaat kemarau, takutnya gagal lagi,” Tambah Agus kepada Kepala Desa Anggi Safutra.

(Penandatanganan Surat serah terima, Oleh Kepala Desa dan GM MontD'Or Oil Tungkal Limited)

 

Bantuan sumur bor untuk kebutuhan air bersih

Sumur Bor merupakan program khusus air bersih dari SKK Migas dan MontD'Or melalui CSR tahap awal dibuat di dua titik lokasi berbeda, pertama terletak di RT.09 KM.86 Dusun Mudo. Terlihat Selain mesin air, juga terdapat menara penampung air dan pelataran permanen yang bisa langsung digunakan.

Hal tersebut sebagai contoh bagaimana jalinan kerja sama yang baik antara pengusaha atau perusahaan dengan masyarakat, Dharma Irawan Jenie selaku General Manager saat menyampaikan sambutannya terkait penyerahan secara resmi Sumur Bor yang terletak di RT.09 tersebut, berharap kerjasama akan berkelanjutan sehingga dapat menikmati hasil bumi bersama-sama.

“kami disini alhamduillah telah melakukan satu program khusus air bersih, ini suatu program bagus karena sinergi antara perusahaan dengan perangkat desa untuk kebutuhan masyarakat, kami sudah hampir 2 tahun berproduksi bahkan seharusnya lebih cepat lagi seperti yang saya inginkan namun pelan-pelan kita akan menuju yang lebih baik,” Ungkap lelaki yang biasa disapa Ery dihadapan perangkat desa.

“semoga ini bukan yang pertama namun terus berkelanjutan, Mohon diterima dan dipelihara dengan baik serta dipakai agar dapat dinikmati masyarakat luas disini, kami bersedia jika ada yang ingin dipertanyakan, ingin bantuan, insyaallah kami akan membantu, disamping kami juga harapkan bantuan masyarakat disini untuk kelancaran operasional,” Tambahnya.

Dalam penyerahan resmi yang ditandai dengan penandatanganan surat serah terima itu selain Anggi Safutra selaku Kepala Desa juga dihadiri Kepala Dusun Mudo, Amiril selaku Ketua RT.09 dan perangkat desa lainnya bersama masyarakat sekitar.

“kami merasa senang dan bangga, Ini adalah bukti kalau MontD’Or itu turut berperan terhadap permasalahan sosial. Kami ini wilayahnya luas sampai Kilometer 70 perbatasan, dan mayoritas berdataran tinggi artinya agak sulit permasalahan air. Kami letakkan sumurnya disini semoga dapat digunakan kepala dusun dan ketua RT bersama warganya, silahkan diambil dan manfaatkan bersama karena milik bersama, bukan milik kami perangkat desa,” Tutur Anggi dalam sambutannya.

“kedepannya bantuan kepada kami tidak hanya sebatas ini terutama terkait sosial yang mungkin kami keluhkan semoga MontD’Or bisa terus membantu kami, tentunya bertahap tidak sekaligus harapan tentu bisa berjalan dan kami selaku masyarakat dusun mudo mengucapkan terima kasih,” Pungkasnya.

(Surat serah terima, Oleh Kepala SDN 68/V dan GM MontD'Or Oil Tungkal Limited)

 

Bantuan sarana dan prasarana di SDN 68/V Dusun Mudo

Setelah melakukan penyerahan sumur bor dilokasi pertama secara resmi rombongan berlanjut menuju SDN 68/V. Sesampainya di Sekolah yang memiliki 130 orang murid tersebut, Dharma Irawan Jenie selaku General Manager, Agus Suryono selaku Public Relations Manager dan Sigit Agung Putra bersama rombongan, disambut langsung oleh Kepala Sekolah, Abdullah S.Pd dan para guru-guru pengajar.

Namun pemandangan menarik para murid langsung menyerbu rombongan dan menyalami, khasnya seorang anak menyambut kedatangan orang tua ketika dari berpergian, begitu ramah dan penuh sapa Dharma Irawan Jenie membalas sembari bertanya kabar kepada murid-murid yang mendekatinya.

Disini pihak MontD’or menyerahkan secara resmi dua dari tiga bantuan yang direncanakan, dua bantuan ialah Arena bermain terdiri dari 4 jenis dan 1 unit bangunan Toilet permanen. Tetapi selain bantuan itu, sebelumnya semua murid yang ada juga telah mendapatkan bantuan peralatan sekolah, yaitu Tas sekolah sekaligus isinya berupa buku dan alat tulis.

“ini program nyata kami dari SKK Migas dan MontD’Or, Mohon diterima dan dijaga untuk keperluan bersama, sebenarnya ada tiga jenis yang akan kita berikan yaitu arena untuk bermain anak-anak, membuatkan toilet dan sumber air bersih. Namun sumurnya belum berhasil, awalnya menemukan air di kedalaman 35 meter ternyata sekarang tidak ngalir lagi. Nanti kita akan upayakan lagi seperti janji MontD’Or, sementara baru dua jenis bantuan dari tiga,” Kata Dharma Irawan Jenie, menyampaikan tujuan kedatangannya.

Lalu dari pihak SDN 68/V dalam hal ini Abdullah,S.Pd selaku kepala menyampaikan rasa terima kasih atas program kerjasama tersebut dan harapannya kepada pihak MontD’Or.

“Kami sangat berterima kasih telah membantu kami, semoga kerja sama ini masih berkelanjutan dan dimasa akan datang ada bantuan lain untuk kepentingan anak-anak kita di dunia pendidikan khususnya yang berada di Dusun Mudo,” Kata Abdullah.

Disela-sela agenda penyerahan bantuan tersebut, Dharma Irawan Jenie selaku General Manager saat menjawab bincang-bincang jambidaily.com menuturkan bahwa saat ini MontD’Or Oil Tungkal Limited Pematang Lantih Field sedang proses penggalian dua sumur minyak yang baru.

“kami saat ini sedang proses penggalian dua sumur baru disini, tetapi belum untuk eksplorasinya dalam waktu dekat ini karena masih akan dihitung-hitung, jika kondusif serta segala perizinan selesai pada tahun 2018, kita mulai,” Ujar Dharma Irawan Jenie.

Kemudian dia juga menerangkan bahwa usaha terkait Migas adalah usaha padat modal, maka harus melalui perhitungan serta analisa yang tepat sehingga berhasil mencapai target produksi. 

“usaha migas adalah usaha padat modal, kita harus tepat analisanya atau paling tidak secara produksi dapat membuat usaha terus berlangsung. Dahulu kita disini saat akan melakukan ekplorasi itu harga Migas masih menjanjikan, ketika berhasil menemukannya, harga jauh dibawah, tetap saja secara produksi akan terasa berat,” Pungkas Dharma Irawan Jenie.

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top