Selasa, 19 Juni 2018 |
Ekonomi

Tanjabtim Akan Kembangkan Hutan Kota

Rabu, 31 Januari 2018 23:02:02 wib

JAMBIDAILY MUARASABAK - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), akan melakukan pengembangan hutan kota di kawasan Hutan Lindung seluas 40 Hektar (Ha) di wilayah Simpang Pangkal Bulian Kelurahan Rano, Kecamatan Muarasabak Barat. Pengembangan hutan kota itu nantinya diharapkan bisa dikembangkan menjadi salah satunya pusat rekreasi, pusat kuliner, eko wisata, penelitian dan pendidikan. 

"Jadi hutan kota itu nanti bukan saja kawasan hutan lindung, tapi juga bisa tempat kawasan pengembangan kegiatan publik. Disamping ada inti, yang menjdai domain Pemerintah Daerah yaitu pengembangan hutan kota," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tanjabtim, Ali Fahrudin, Rabu (31/1) kemarin. 

Dijelaskannya, untuk perencanaan idenya sudah dianggarkan dan akan dilaksanakan pada tahun 2018 ini di Dinas Lingkungan Hidup Tanjabtim. Dan untuk OPD yang mensupportnya nanti akan dilaksanakan tahun 2019 mendatang. "Dalam konteks perencanaan pada usulan Musrebang nanti kami upayakan adanya forum gabungan untuk OPD untuk pengembangan Hutan Kota ini. Rencana kami tahun 2019 mendatang, rencana-rencana kerja dan kegiatan-kegiatan pendukung sudah masuk semua dalam usulan Musrenbang," jelasnya. 

Untuk pendukungnya, kata Ali, Pemkab akan melakukannya secara bertahap. Namun yang paling awal itu terkait tanah disekeliling lahan kawasan tersebut. "Jadi pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PU-Pera) Tanjabtim sangat berperan dalam hal itu, baru nanti bisa dilakukan pengembangan hutan kota," ungkapnya. 

Sementara, untuk jenis tanaman yang akan ditanami dikawasan hutan kota tersebut, jenis tanaman yang memang asli dari Tanjabtim. Yaitu jenis kayu-kayuan, seperti merbau, jeluting rawa, graha, tembesi dan pulai.

Ali menambahkan, untuk pengembangan hutan kota ini, Pemkab Tanjabtim bekerjasama dengan pihak PetroChina Tanjung Jabung Ltd. Jadi yang menyiapkan semua terkait tanaman itu pihak PetroChina. "Pemkab Tanjabtim hanya menyiapkan anggaran pengembangan hutan kotanya melalui APBD," tukasnya. (*)

Penulis: Hendri R
Editor: Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top