Senin, 19 November 2018 |
Politik

Tanjabtim Rencananya Akan Gunakan Sistem E-Votting Untuk Pilkades Tahap Dua

Kamis, 05 Juli 2018 18:09:00 wib

JAMBIDAILY MUARASABAK - Walau belum bisa dipastikan kapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap Dua digelar pada tahun 2019 mendatang, namun Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) akan mencoba menggunakan sistem E-Votting.

Demi kelancaran dan kesuksesan menggunakan Poting Elektronik atau E-Votting, Pemkab Tanjabtim akan belajar dengan Kabupaten Batanghari yang dinilai berhasil dalam melaksanakan Pilkades dengan sistem tersebut. 

"Sistem E-Votting ini akan diadopsi di Tanjabtim dalam Pilkades serentak tahap kedua. Pilkades dengan pola ini dianggap efisiensi dan mampu mendongkrak angka partisipasi pemilih," kata Kabag Pemerintahan Desa dan Kelurahan Setda Tanjabtim, Hendri SY, Kamis (5/7/2018). 

Diakui Hendri, untuk mensukseskan sistem E-Votting ini bukan perkara mudah, perlu koordinasi yang baik, khususnya kesiapan server dan data pemilih. 

"Untuk itu, Bagian Pemerintahan Desa akan menjajaki kesiapan perangkat dan jaringan di Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)," sebutnya. 

Jika diamati, perkembangan jaringan, khususnya jaringan internet hampir seluruh desa sudah terkoneksi, tinggal 9 desa lagi yang belum memiliki koneksi internet.  

"Kesembilan desa itu tidak semuanya ikut dalam Pilkades serentak tahap Dua. Secara infrastruktur Tanjabtim telah siap untuk melaksanakan Pilkades sistwm E-Votting," terangnya. 

Sementara, tambahnya, dari sisi anggaran Pilkades sistem E-Votting bisa menghemat anggaran, karena tidak perlu lagi menyiapkan kertas suara, masyarakat hanyak butuh aplikasi. 

"Selain itu, masyarakat bisa melakukan pemilihan dimana saja, tidak perlu datang ke TPS. Dari data yang yang ada Pilkades serentak tahap 2 akan diikuti oleh 28 desa di Tanjabtim," tukasnya.(*)

 

Penulis: Hendri Rosta
Editor: Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top