Senin, 22 April 2019 |
Wisata & Budaya

Tata RTH Jambi, Gubernur dan DPU Bakal "Garap" Taman Tugu Juang

Selasa, 17 Januari 2017 21:17:54 wib
Gubernur Jambi H Zumi Zola bersama Dinas PU Provinsi Jambi Tinjau Kondisi Taman Tugu Juang Kota Jambi

JAMBIDAILY WISATA-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, S. TP, MA mengemukakan, dia ingin meningkatkan penataan dan pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jambi.

Hal tersebut dinyatakan oleh Zola saat Peninjauam Taman Tugu Juang, Simpang III sipin, Kemurahan Slamet, Kota Jambi, Selasa sore 17 Januari 2017, bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi.

Gubernur merencanakan penataan yang lebih baik lagi terhadap RTH Jambi, supaya lebih bagus, lebih indah, dan lebih nyaman untuk dinikmati okeh masyarakat.

Melalui APBD 2017, Pemerintah Provinsi Jambi telah menganggarkan Rp5,1 miliar untuk membenahi fasilitas Taman Tugu Juang.

"2017 ini, kita rencanakan untuk membangun satu ruang Terbuka Hijau (RTH) di Tugu Juang ini.  Dan juga kita akan membangun Kawasan Tanggo Rajo (Ancol Jambi),"ujar Zola

Zola menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi telah menganggarkan Rp5,1 miliar untuk membenahi fasilitas Taman Tugu Juang.

"Ini sejalan dengan harapan oleh Legiun Veteran, ketika bertemu dengan saya beberapa waktu yang lalu, yang menginginkan supaya lebih terlihat nilai-nilai perjuangan di sini. Mungkin saat ini kurang terawat kondisinya, padahal potensinya luar biasa, kita sudah punya konsepnya, mulai dari lahan parkirnya, teaternya, tempat untuk masyarakat seni, galeri, dan kuliner. Tempat masyarakat untuk senam pagi, kita siapkan juga,"tutur Zola.

"Kita betul-betul memanfaatkan lahan yang ada ini.  Dan Insya'Allah, Taman Tugu Juang ini bisa lebih terlihat. Banyak fasilitas yang akan kita tawarkan kepada masyarakat,"lanjut Zola.

Zola menegaskan, khusus untuk tugunya, tugunya tidak akan dirombak, namun tetap mempertahankannya, yakni untuk mempertahankan nilai historis perjuangan.

"Masyarakat bisa melihat monumennya seperti ini, nilai historisnya, nilai kepahlawanaan dari pahlawan-pahlawan dari Jambi ini. Nanti kita buat beberapa bangunan lagi, seperti reliefnya yang mengandung nilai-nilai perjuangan. Jadi, Tugu Juang itu harus ada niali perjuangannya. Potensi Taman Tugu Juang ini bagus, ada di tengah kota, kita manfaatkan betullah," tambah Zola.

"Ini juga kita komunikasikan dengan Legiun Veteran. Ini niatan kami, kita koordinasikan, dalam pertemuam sebelumnya juga sudah kami bicarakan," ungkap Zola.

Zola juga menyatakan akan menongkatkan penataan Kawasan Tanggo Rajo (Kawasan Ancol Jambi) karena setiap malam banyak sekali pedagang di kawasan tersebut, bukan hanya pada hari Sabtu dan Minggu saja, tetapi setiap malam, yang berarti di situ terdapat salah satu pusat perekonomian masyarakat.

"Kita ingin lebih memperbaiki, lebih menata supaya lebih nyaman bagi masyarakat," kata Zola.

Selain itu, Zola menyatakan, ada juga beberapa lokasi lainnya yang sedang dikaji oleh Pemerintah Provinsi Jambi untuk ditingkatkan penataannya, diantaranya Lapangan Eks MTQ.

"Orang dari airport langsung lihat Lapangan Eks MTQ, potensinya luar biasa, lahannya juga besar. Itu sedang kita kaji," ujar Zola.

Selanjutnya, Zola menyatakan, Taman Anggrek juga akan ditingkatkan penataannya secara bertahap.

"Kita kaji dulu secara matang. Yang tahun 2017 ini kita fokus di dua lokasi itu (Taman Tugu Juang dan Kawasan Tanggo Rajo)," jelas Zola.

Pada kesempatan tersebut, Zola juga meninjau gedung Mada LVRI (Markas Daerah Legiun Vetetan Republik Indonesia) Jambi yang berada di Taman Tugu Juang tersebut.

Setelah itu, Zola menyambangi para pedagang durian dan pedagang lemang di luar pagar Tugu Juang.

Bukan hanya berbincang dengan para pedagang tersebut, namun Zola beserta istri, Hj.Sherrin Tharia Zola memborong dduriandan lemang serta makan durian dan lemang bersama-sama dengan masyarakat dan para wartawan.

Para pedagang dan masyarakat di lokasi tersebut sangat antusias dengan kedatangam Gubernur Jambi dan Ketua Tim Penggerak PKK provinsi Jambi tersebut.(*/Adv/hms)

KOMENTAR DISQUS :

Top