Senin, 21 Oktober 2019 |
Wisata & Budaya

TBJ Gelar Festival Tari Melayu Jambi 2019, Berikut Petunjuk Teknis

Kamis, 19 September 2019 08:01:30 wib

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Taman Budaya Jambi (TBJ) UPTD Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi bekerjasama dengan Kementerian pendidikan dan kebudayaan direktorat cagar budaya dan permuseum, direktorat jenderal kebudayaan, menggelar kegiatan festival tari melayu Jambi, pada bulan 17-19 Oktober 2019.

Dengan Tema "Menggali Tradisi Mengembangkan Kreasi" Festival Tari Kreasi Melayu Jambi mengangkat materi seni tari yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat terutama dikalangan remaja yang mencerminkan pengalaman artistik dunia remaja di era global masa kini, selanjutnya di kemas dengan kreatif dan inovatif menjadi suatu pertunjukan yang layak untuk di tonton dan menjadi suatu wahana yang patut untuk didiskusikan berkaitan dengan perkembangan seni tari dimasa mendatang. 

Dengan Ketentuan Waktu penyajian ± 7-8 menit dengan 6 pola lantai. Adapun yang menjadi peserta dalam Festival Tari Tahun 2019 adalah sanggar/kelompok seni tari yang berada se- Provinsi Jambi. Selain itu juga akan dinilai oleh juri yang ahli dibidang khususnya dalam dunia Tari. 

Penghargaan
Festival Tari Kreasi Melayu Jambi Tahun 2019 ini bersifat lomba, yang akan memperebutkan:
. Penampilan Grup terbaik I, II, III, dan harapan I, II
. Koreografer terbaik 
. Penata Musik Terbaik
. Penata Kostum terbaik 

Aspek Penilaian
Aspek penilaian pergelaran meliputi :
Penilaian tari kreasi melayu Jambi terdiri dari 6 point yaitu : wiraga, wirama, wirasa, wiruha, penyajian dan waktu penampilan. selanjutnya dari ke enam point dimaksud mencakup didalamnya mulai dari koreografer, kostum, musikalitasnya.

Wiraga
Penilaian berdasarkan pada dasar keterampilan gerak tubuh yang
mengekspresikan jiwa penari

Wirama
Penilaian pada aspek pola untuk mencapai gerak yang harmonis
(tempo/lenggak lenggok penari)

Wirasa
Penilaian pada tingkat penjiwaan/ penghayatan (kelembutan/ sifat tegas/ sifat
gagah) semua diekspresikan secara baik dalam gerakan dan raup/ mimik muka

Wiruha
Penilaian pada aspek keserasian penampilan, kostum serta musik pengiring

Penyajian
Penilaian secara menyeluruh suatu garapan tari

Waktu
Penilaian pada ketepatan waktu penyajian penilaiannya lebih kepada peserta, apakah mampu memanfaatkan waktu yang diberikan dalam lomba tari kreasi melayu Jambi dengan pola lantai yang ditetapkan. 

 

Informasi Lebih Lanjut:
Taman Budaya Jambi Jl. Arbai I No. 9-10 Sungai Kambang-Telanaipura Jambi. Email: tamanbudayajambi.tbj@gmail.com Kontak Person: Venny (082371577233) 

 


Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top