Rabu, 21 November 2018 |
Ekonomi

Tekan Harga, Al Haris Panen Ikan

Senin, 06 Juni 2016 15:46:45 wib
H Al Haris Panen Ikan

JAMBIDAILY EKONOMI - Guna menekan harga ikan di pasaran pada Puasa Ramadhan sampai Idul Fitri nanti, Bupati Merangin H Al Haris pada Sabtu, 4 Juni 2016 melakukan panen raya ikan keramba di Danau Dam Betuk Bangko.
Ada sebanyak 75 keramba dari 250 keramba yang dipanen. Masing-masing keramba berisi 150 ekor ikan dengan tiga jenis ikan, Nila, Patin, Bawal dan Mas.

"Total produksi ikan dari Dam Betuk ini bisa mencapai 60 ton. Hari ini kita hanya memanen satu ton saja, untuk menekan harga di pasaran agar tidak lebih dari Rp 30 ribu perkilogramnya. Sebab untuk ikan sungai  saat ini harganya telah mencapai Rp 100 ribu lebih perkilonya,’’ujar Bupati.

Menurut Haris, untuk memenuhi kebutuhan ikan selama ini, dipasok dari Sumatera Barat. Dengan adanya budidaya ikan keramba yang hasilnya cukup melimbah ini, dia yakin kedepan Merangin mampu memenuhi kebutuhan ikannya sendiri.

Bupati akan merangkul pihak ketiga untuk pengembangan budidaya ikan keramba di kawasan Dam Betuk, sehingga hasil panennya akan lebih melimbah lagi. Dam Betuk yang selama ini tempat wisata, justru berubah jadi lokasi produksi ikan.

‘’Setelah kita puas menikmati indahnya Dam Betuk, pengunjung nanti bisa pulang membawa ikan yang dibeli dari hasil penen ikan keramba di kawasan ini. Kedepannya saya juga akan bangun pasar ikan di sini," terang Bupati.

Bupati juga menawarkan kepada para Kades di sekitar kawasan Dam Bentuk untuk membangun usaha desa. Usaha desa itu berupa budidaya ikan keramba yang hasil panennya nanti bisa meningkatkan dana desa.*

Penulis  : Teguh
Editor   : E. Septimen Loethfi

KOMENTAR DISQUS :

Top