Selasa, 16 Oktober 2018 |
Ekonomi

Terkait Kelengkapan K3, Dewan Minta PU Tegur Rekanan

Sabtu, 09 Desember 2017 04:41:09 wib

JAMBIDAILY TANJAB BARAT -  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang untuk memberikan teguran kepada rekanan pelaksana pekerjaan Jalan Parit II, Kelurahan Patunas, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Teguran yang diminta Anggota Dewan tersebut, terkait kelengkapan K3 dilokasi pekerjaan proyek setempat, yang masih belum dilengkapi Safety Sign Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

"Sudah seharusnya pekerjaan proyek atau pelaksana struktur bangunan berupa jalan, memasang rambu rambu atau K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau Safety Signs)," ungkap Ambok Angka, SH, Anggota DPRD Tanjab Barat, kepada jambidaily, Jumat (8/12/17).

Menurut Ambok, selain hal itu diatur dalam undang-undang, pemasangan rambu-rambu juga berguna menghindari terjadinya kecelakaan.

"Kita minta PU untuk menegur itu. Karena ini sudah ada korban M Sarkawi warga Desa Kuala Indah, yang saat ini dirawat di Jambi diduga akibat menabrak tumpukan material dilokasi pekerjaan yang tidak dilengkapi rambu-rambu," tegas Ambok.

Sehubungan dengan hal ini pula, Ambok juga mengingatkan agar pelaksana proyek PT Beringin Citra Lestari dan pelaksana lain yang ada agar dapat memasang atau memperhatikan K3 ini.

"Kita menghimbau kepada rekanan agar memasang K3 itu jika menumpukan material menggunakan badan jalan itu. Karen ini akibat tumpukan material dibadan Jalan itu," ungkap Ambo Angka

Selain itu dirinya juga  menyarankan, agar Dinas terkait selaku penyelenggara proyek lelang, yang berhubungan dengan struktur bangunan menggunakan material batu, pasir dan lain sebagainya, perusahaan diminta agar dapat melampirkan SKT K3.

"Diharapkan kepada dinas terkait penyelenggara atau panitia lelang. Kontraktor dapat melampirkan SKT K3 bila perlu," tandasnya. (Reza)

KOMENTAR DISQUS :

Top