Minggu, 05 April 2020 |
Ekonomi

Terkait Sosialisasi Pengawasan Dana Desa, Sekda Ingatkan Kades Harus Transparan

Jumat, 01 Desember 2017 08:45:32 wib

JAMBIDAILY TANJAB BARAT - Kapolres Tanjab Barat, AKBP Alfonso Doly Gilbert Sinaga beserta Pejabat Utama Polresta Tanjab Barat dan Kapolsek jajaran, Kamis (30/11/17) berkunjung ke Kantor Bupati Tanjab Barat, dalam rangka melakukan sosialisasi pengawasan dana desa oleh polisi.

Kegiatan yang dilaksanakan di balai pertemuan Kantor Bupati Tanjab Barat tersebut merupakan tatap muka untuk sosialisasi MoU Kapolri, Menteri Desa terkait Pengawasan Dana Desa dan Mendagri di Tingkat Kabupaten Tanjab Barat.

Peserta sosialisasi terdiri dari unsur Babinkamtibmas Polres, Camat dan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Tanjab Barat. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Sekda Tanjab Barat, Drs. H. Ambok Tuo,MM serta sejumlah pimpinan OPD terkait di Tanjab Barat.”Tujuanya adalah agar dana Desa ini pengelolaanya benar,efesien dan akun tabel,”kata Kapolres. 

Ia menjelaskan, anggota Babinkamtibmas yang ada di wilayah berkewajiban mengawasi dan menjaga Kades supaya tidak melakukan kesalahan dan penyelewengan.”Adapun tujuan dari pengawasan dana desa ini untuk lebih aman, dan juga mencegah adanya penyelewengan,”jelasnya.

Sosialisasi ini dalam rangka memberi pemahaman serta memberi penjelasan tentang bagaimana mengaplikasikan terkait nota kesepahaman antara Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dengan Kementerian Dalam Negeri dan Polri,"tambahnya.

Sementara itu, Sekda Tanjab Barat, Drs.H. Ambok Tuo mengatakan, Ia berharap dalam pengolaan dan pengunaan dana Desa, setiap Kepala Desa dan perangkatnya harus transparan serta sesuai dengan azasnya, yaitu transparan, akuntabel, partisipatif dan tertib administrasi.”Saya tidak ingin perangkat Desa terjerat hukum, maka gunakanlah dana Desa sesuai prosedur,”pinta Sekda.(Reza)

KOMENTAR DISQUS :

Top