Sabtu, 04 April 2020 |
Politik

Terkendala APBDes, Ratusan Desa Tak Bisa Cairkan Dana Desa

Sabtu, 04 Juni 2016 18:08:52 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY POLITIK-Terkendala penyusunan APBDes, ratusan desa di kabupaten Batanghari belum dapat mencairkan Dana Desa 2016.

Kepala BPMPD Batanghari, Adnan, S.Sos membenarkan, hingga Juni tahun 2016 ini, serapan  Dana Desa di Kabupaten Bataghari masih nol persen, pencairan Dana Desa tersebut masih nihil.

"Sebagian besar Desa belum menuntaskan APBDes nya,  yang  tak lain merupakan dokumen  syarat pencairan,"tutur Adnan, Jumat (03/06).

Dikatakan Adnan, dari  110 Desa di Kabupaten Batanghari, saat ini ada 50 persen yang belum menyelesaikan APBDes. Padahal, Pemerintah Desa sudah diberi tenggang waktu hingga akhir bulan Maret lalu.

Hal ini diduga sebagian besar para Kades masih kewalahan dengan perubahan sistem dari  manual ke aplikasi. “Kendalanya adalah dari sistim manual ke Aplikasi,”ungkapnya.

“kita mau memprogramkan kegiatan APBDes tahun 2016 di Kabupaten Batanghari ini. Sepenuhnya kita telah melaksanakan Permendagri nomor 113 tentang pengelola keuangan Desa, dan kita juga bekerjasama dengan BPKP Perwakilan Provinsi Jambi, bahwa untuk APBDes Kabupaten Batanghari ini, kita telah melaksanakan menggunakan Aplikasi Siskuedes dari BPKP Provinsi Jambi,” Jelasnya.

Untuk diketahui, Dana Desa dari Kementrian Desa (Kemendes), telah ditansfer ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari sejak 3 mei 2016 lalu. Kini, uang 42 miliyar tersebut mengendap di Kas Daerah (Kasda), dan masih menunggu untuk dicairkan.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top