Kamis, 24 Mei 2018 |
Wisata & Budaya

Ternyata Ngabuburit Bukan Ajaran Islam

Senin, 22 Juni 2015 05:15:08 wib
Ngabuburit(U Report)

JAMBIDAILY BUDAYA-Ngabuburit merupakan satu istilah yang sering di ucapakan para kalangan remaja yang artinya menunggu matahari sore terbenam / menunggu datangnya waktu maghrib. Ngabuburit ini sudah bertahun tahun kebiasaan ini dilakukan oleh masyarakat Sunda (Jawa Barat), dan orang yang sudah berumah tangga dan mempunyai anak tak mau kalah dengan anak muda sekarang.

Ternyata Ngabuburit Bukan Ajaran Islam

Mereka anak-anak muda menuggu menjelang waktu berbuka puasa akan keluar dengan cara jalan-jalan bersama teman-temannya dan mampir di tempat keramaian. Bagi para ibu mungkin hanya sekedar keluar rumah dan bertandang di halaman rumah tetangga. Nah kebiasaan inilah yang disebut ngabuburit.

Kembali tentang ngabuburit, di kalangan masyarakat Sunda masa dulu, anak-anak desa masa dulu pada umumnya selalu bersemangat pergi ke Mesjid dengan berombong-rombongan untuk melaksanakan sholat maghrib berjama’ah, dan mengaji yang dibimbing oleh  guru ngaji, dan setelah sholat ‘isya berjamaah.

Awal Mula Adanya Ngabuburit untuk Menunggu Waktu Buka Puasa

Pada tahun terakhir ini istilah itu seperti Ngabuburit sudah terbiasa di bibir semua warga Indonesia, terutama anak-anak muda perkotaan. Dan istilah itu sangat sering di ucapkan pada saat datangnya bulan Ramadhan (bulan puasa).

Awalnya kenapa ngabuburit itu sekarang mudah di ucapkan pada bulan ramadhan?

Ini berkaitan dengan adanya acara infotaimen di televisi. Pada saat-saat Ramadhan beberapa tahun lalu, mereka mewawancarai artis-artis tentang kegiatan apa yang dilakukan artis pada bulan Ramadhan, dan satu contoh artis yang diwawancara adalah artis-artis berasal dari Jawa Barat, Yaitu Artis ND yang masih sering muncul di acara-acara TV. Yang namanya artis memang tidak akan jauh kegiatannya hanya seputar hiburan,berkumpul-kumpul dan bersenang-senang. Dan ND itu bilang, bahwa ia untuk menunggu datangnya buka puasa itu ngabuburit.

Di Koran Republika juga pernah membahas tentang ngabuburit. Tetapi mungkin dampaknya tidak seperti dari nonton TV. Masyarakat kita sangat murah mengikuti perkembangn zaman, terutama anak-anak muda, apa lagi itu datangnya dari artis-arti. Maka tak heran sewaktu si artis berbincang dengan kegiatannya pada saat menunggu buka puasa adalah ngabuburit, baik ke mal-mal atau berjalan-jalan soreh, yang mempengaruhi masyarakat muslim, terutama anak-anak muda. Manfaat dan adab puasa sudah dirusak!

Dampak Ngabuburit Jika Dibiarkan

Dampak Ngabuburit jika didiamkan saja, akan membuat generasi berikutnya atau generasi yang akan datang merasa ngabuburit itu bagian penting saat puasa yaitu menunggu buka puasa (ngabuburit puasa) tidak berdosa berduaan jalan-jalan menunggu buka puasa dengan nonton TV , menghabiskan waktu dengan sia-sia (atau malah melakukan dosa tanpa terasa) itu tidak mengapa.Padahal Islam tak pernah mengajarkan menunggu buka puasa dengan bersenang-senang, berduaan, jalan-jalan,    dan menyia-nyiakan waktu.

Hadist Rasulullah SAW yang berbunyi:
"Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta serta kedunguan maka Allah tidak butuh terhadap puasanya dari makan dan minum”. (HR. Al-Bukhari, Ahmad dan lainnya).

Dalam hadist hasan shahih yang berbunyi :
”Betapa banyak orang puasa, bagian dari puasanya (hanya) lapar dan dahaga”. (HR. Ahmad,).
Lebih baik masyarakat muslim melakukan ibadah puasa pada umumnya, juga anak-anak muda lebih baik berdiam diri di dalam rumah masing-masing.Dengan mendengarkan ceramah agama, berzikir, membaca Al-Qur’an, dan membagi makanan (sedekah) untuk buka puasa kepada tetangga atau kerabat dekat,bukan hanya menahan lapar saja.

Pada bulan Ramadhan sudah Allah tetapkan di dalam Al-Qur’an Surat (Al-Baqarah Ayat 183) yang berbunyi:

”Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (Al-Baqarah: 183).

Sebagai orang Islam, seharusnya sangat mengetahui juga rukun puasa, manfaat puasa, keutamaan puasa, yang membatalkan puasa sampai adab berpuasa.

Bagi para muslim yang sudah tahu tentang istilah ngabuburit sebaiknya saling mengingatkan Orang yang belum tahu istilah Ngabuburit. Orang tua wajib mengingatkan anak-anaknya, suami wajib mengingatkan istrinya. Mari kitapun mengingatkan bahwa ngabuburit itu tidak bermanfaat bagi puasa kita.(Vlog/Viva.co.id)

 

 

KOMENTAR DISQUS :

Top