Selasa, 15 Oktober 2019 |
Ekonomi

Ternyata, Ubur-Ubur Laut Makanan Kualitas Ekspor

Rabu, 07 Maret 2018 19:31:50 wib
ilustrasi

JAMBIDAILY MUARASABAK - Selain ikan dan udang, nelayan di Kabupaten tanjung jabung Timur (Tanjabtim) sejak dua bulan terakhir, gencar memburu ubur-ubur. Semenjak beroperasi, perusahaan pengekespor ubur-ubur di Nipah Panjang semakin dicari.

Ubur-ubur merupakan sejenis binatang laut yang termasuk dalam kelas scyphozoa. dulunya ubur-ubur menjadi musuh, karena dianggap berdampak buruk bagi nelayan di pantai timur Kabupaten Tanjabtim Provinsi Jambi. Namun berbeda dengan saat ini. hewan laut yang memiliki tubuh berbentuk payung berumbai itu menjadi komuditas laut yang paling diburu oleh nelayan setempat.

Semenjak adanya anak perusahaan pengepul ubur-ubur asal Kalimantan di Kecamatan Njpah Panjang dua bulan lalu, keberadaan ubur-ubur menjadi berkah bagi nelayan. Jika sebelumnya hanya mencari kepiting, udang dan ikan, kini banyak beralih menangkapi ubur-ubur dijual di perusahaan tersebut. Hewan lunak tak bertulang yang terkesan menakutkan dan berbahaya ini diolah dan di ekspor keluar negeri, seperti Malaysia.

Eswandi, staf Penanggungjawab Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Dinas Kelautan Tanjabtim mengungkapkan, cabang perusahaan pengepul ubur-ubur di Tanjabtim ini dibawah bendera Pt.Samudera Indah Jaya yang beralamat di Kalimantan Barat. "Perusahaan ini mengembangkan ekspansinya bekerjasama dengan DKP tanjabtim, dan menumpang di PPI yang berada di Kelurahan Nipah Panjang I," jelasnya.

Menurutnya, setiap ubur-ubur dibeli dengan harga berbeda perekornya, mulai dari tiga ribu, hingga lima ribu rupiah, tergantung kelas A, B dan C. "Setiap harinya perusahaan yang memiliki 15 karyawan ini mampu mengolah 1000 ekor ubur-ubur dari nelayan," ungkapnya kepada wartawan.

Eswandi menyebutkan, ubur-ubur ini di keping dan dikirim untuk di ekspor ke Pulau Burung, Malaysia. Dalam keadaan diolah secara sederhana melalui penggaraman buna meningkatkan keawetan. "Ubur-ubur yang di ekspor ini setelah diolah bisa dijadikan bahan campuran makanan. tak hanya lezat di lidah. ubur-ubur juga sangat ber bermanfaat untuk menambah vatalitas pria juga," tukasnya.(*)

Penulis : Hendri R

KOMENTAR DISQUS :

Top