Selasa, 12 November 2019 |
Politik

Terusik Data Warga Miskin, Syahirsah Ingatkan SKPD

Sabtu, 12 Maret 2016 11:55:13 wib
Bupati Batanghari, H Syahirsah saat diwawancarai awak media

JAMBIDAILY POLITIK-Tingginya data warga miskin di Kabupaten Batanghari, Bupati Syahirsah minta SKPD bekerja optimal dan jemput bola.

Dari data yang dimiliki Pemkab Batanghari, jumlah warga miskin dari tahun 2011 hingga 2015 mengalami peningkatan dari 69 ribu menjadi 85 ribu warga miskin.

"Sesuai dengan program kita, salah satunya termasuk kesejahteraan rakyat Batanghari. Kita akan fokus, agar angkanya berkurang,"jelas H Syahirsah kepada awak media, baru ini, di ruang kerjanya.

Kedepannya para SKPD harus benar-benar bekerja, terutama dalam pendaatan masyarakat, jangan hanya sekedar berdasarkan laporan saja.

"SKPD sebagai pembantu Bupati juga harus turun kelapangan. Kondisi di lapangan sering terjadi tidak sesuai dengan data yang ada,"ingatnya.

Tidak mungkin ekonomi masyarakat tidak ada perubahan. Kalau yang dulu dia (masyarakat) miskin, mungkin sekarang ekonominya sudah mapan, atau sebaliknya dulu ekonominya sejahtera bisa jadi sekarang miskin.

Kriteria masyarakat miskin itu dilihat dari hasil pendapatannya selama per bulan.  Kalau penghasilan tersebut jauh dibawah standar itu termasuk masyarakat miskin.

"Bukan dari mereka memiliki motor. Memiliki kendaraan roda dua tidak bisa dijadikan pedoman untuk menentukan ekonomi rakyat. Apalagi saat ini kondisi petani karet kian terpuruk.

Kalau melihat kriteria dari BPS banyak sekali kriterianya ada 14 kriteria. Menurut saya yang memiliki motor motor tidak bisa lagi dijadikan patokan. Karena motor itu adalah untuk meraka bekerja atau ke kebun.  Selain itu, kebanyakan motor kredit.

Kedepannya data harus benar-benar akurat. Selain itu kalau ada bantuan untuk masyarakat miskin harus benar-benar tepat sasaran.

"Selama ini hanya orang tertentu yang diberi bantuan oleh pihak Kades. Apalagi bila hal tersebut dikaitkan dengan Pilkades. Banyak pengaduan masyarakat kepada saya,"tegasnya.

Dia berharap, mengawali pembangunan 5 tahun kedepan, semua pihak juga ikut membatu demi kepentingan rakyat Bumi Serentak Bak Regam.

"Kami berharap semua pihak ikut berperan mengawal pembanungan Batanghari.  Termasuk juga rekan-rekan wartawan melalui informasi masyarakat,"harapnya.(jambidaily.com/RED)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top