Selasa, 18 Juni 2019 |
Jurnal Publik

"The Power of Perempuan" Si Cantik Suka Tantang Kejahatan hingga Maut

Senin, 09 Oktober 2017 09:15:00 wib

KOPI RAINA - PEREMPUAN menjadi pembicaraan dalam semua sisi ataupun kehidupan, misalkan segi tindakannya, apapun itu sesuatu mengenai perempuan akan hangat, menarik dan tidak pernah ada habisnya ketika dibahas, kalimat The Power Of Ibu-ibu menjadi trend tersendiri di dunia maya karena banyaknya peristiwa di bagian nyata. Perempuan disebut-sebut konon sebagai penguasa jalanan, luar biasa bukan,? sebab mampu menggeser peraih label ini sebelumnya yaitu Angkutan Umum di perkotaan, Bajai/Bemo (di Jakarta) dan angkutan sejuta umat; Ojek.

Untuk Perempuan jangan merasa tersudutkan oleh Kopi Raina ya, memang tidak semuanya tetapi banyak contoh dari cerita dan foto yang tersebar luas di jejaring sosial, seperti lampu penanda berbelok yang salah, melawan arah, bahkan ketika salah malah lebih heboh marahnya. Secara nyata saya juga mengalami hal itu (ini jadi mengingat masa lalu). Ngopi...ngopi, walaupun gigi senat-senut, Gusi juga membengkak jadi agak repot kalau bicara seperti ada yang mengganjal gitu, tapi kurang mengena di hati rasanya tanpa segelas kopi hangat saat akan bercengkrama dengan Kopi Raina edisi kali ini. 

“Perempuan adalah salah satu ciptaan Tuhan yang patut untuk dihargai dan dilindungi. Perempuan diciptakan dengan kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Tapi sayang, ada beberapa asumsi pria yang salah tentang seorang perempuan,” ruangperempuan.com/edisi:21 Juli 2016 (Diakses, Tanggal 07 Oktober 2017, Sekira Pukul: 16.36 Wib).

Nahhh itu Asumsi, tapi ini bukan asumsi, ini salah satu pengalaman saya, Dulu pada suata malam saya tanpa disengaja menabrak mobil warna hitam bertuliskan Honda Jazz dari belakang, kronologisnya begini, setelah melewati jembatan sungai maram (dekat simpang mangga) kota Jambi jalanan agak sedikit mendaki rupanya jalan semakin menyempit karena ada Warga sekitar yang meninggal dunia sehingga terjadi antrian kendaraan roda empat sebab kecepatan diperlambat bahkan sempat terhenti, tepat di depan saya mobil Honda Jazz tersebut.

Saat ada aba-aba dari warga pengatur lalu lintas untuk maju sayapun maju termasuk mobil yang didepan, entah mengapa dia ngerem mendadak padahal tidak ada sesuatu sebab, karena saya terlambat menginjak rem akhirnya menabrak tipis bagian belakang. Sempat terhenti, karena kendaraan yang panjang dibelakang walau penumpang mobil honda jazz sempat turun namun akhirnya kami tetap maju untuk berhenti dijalanan yang tidak padat.

Ketika mobil sama-sama berhenti, rupanya sopir Honda Jazz adalah seorang ibu-ibu, tidak pakai sapa menyapa, tanpa salam perkenalan, dia langsung nyerocos, marah-marah, ngoceh-ngoceh (itu kereta api dengan rangkaian 1001 gerbong kalah panjang dengan ocehannya, hahahahaha). Sayapun diam saja, ketika dia agak mengurangi ocehan saya bilang “ibu, ini KTP saya dan ini kartu tanda dimana saya bekerja, besok kita perbaiki dan saya besok ada di kantor,” dia kembali ngoceh maunya diperbaiki saat itu juga padahal itu sabtu malam minggu sekira pukul: 21.30 wib (dia pikir ada bengkel yang buka apa ya,?).

Alasan si ibu nanti saya tidak bertanggung-jawab tidak mau memperbaiki, emank aneh rasanya, coba pikir, saya mau lari kemana,? lagian Kartu tempat saya bekerja jelas, mobil yang saya bawa juga bertuliskan tempat saya bekerja, masih juga dia bilang saya akan lari dari tanggung jawab (mirip kayak saya seakan-akan menterlantarkan anak gadisnya). Tetap merasa tidak puas dia telpon seseorang, dari kata-kata pembicaraannya di telepon, dia menelpon keluarganya seorang Tentara (Waduh, saya biasa saja, dia pikir saya takut kali ya), dibenak saya berkata “Cuma masalah kecil dan saya akan perbaiki, tidak mungkin juga kan Tentara yang datang itu langsung nampar saya,”

Beberapa saat kemudian datanglah keluarganya berpakaian Tentara lengkap, Bapak itu bertanya dengan saya lembut kok, (Tidak kayak si ibu, lebih dari militer mirip lagi perang ocehannya) setelah saya jelaskan semua dan saya akan perbaiki “lah adik ini akan perbaiki, lagian malam jam segini, dimana ada bengkel buka, ya besoklah....ini tempat kerjanya jelas, kenapa harus marah-marah,” kata bapak tentara.

Itu salah satu pengalaman saya sekitar 7 tahun yang lalu, paling teringat dan terkadang bikin ketawa sendiri, masih banyak lagi bagaimana ganasnya penguasa jalanan tersebut (tidak semua perempuan lho, nanti saya malah diserang sama ibu-ibu lagi, hehehehe).

Kemudian Rabu (04/10/17) beberapa hari yang lalu saya melakukan perjalanan menuju Mendalo yang sudah masuk ke wilayah Administratif kabupaten Muaro Jambi. Sepanjang jalan menuju kesana banyak hal terlihat bagaimana perempuan sangat luar biasa dijalanan, saat melintasi di ruas jalan dekat suatu kampus (tidak usah disebutlah ya,? Nanti katanya “perusak nama baik lagi”) ada seorang perempuan muda sedang mengendarai motor dengan tas jinjing dibahunya. Geleng-geleng kepala saya, anda sudah sangat memancing kejahatan wahai perempuan, apakah anda tidak membaca berita dan pemberitaan tentang penjambretan,? (Ohh, mungkin anda cuma suka membaca bagaimana tampil cantik ya)

Seharusnya orang yang tadinya tidak berniat melakukan kejahatan, karena anda memberikan kesempatan pada akhirnya kejahatan terjadi (coba cari tau, bukankah korban jambret paling besar adalah perempuan), jangan terlalu banyak gaya, sok kebagusan dan sok kecantikan lah ya...dijalanan dengan mengendarai kendaraan roda dua sementara Tas jinjing ada di bahu anda, wahai perempuan,! Anda itu Kuliah bukan “Kuli Ahh”? Kalau merasa mengendarai motor sendiri, ya pakai Tas ransel saja (rasanya banyak kok tas ransel yang tampilannya modis). Kalau mengendarai mobil itu lain ceritanya. Tidak ada yang melarang dan membatasi anda untuk tampil cantik karena anda perempuan jelas harus tampil cantik, laki-laki tampil cantik itu baru agak pusing kepala melihatnya, hehehehe...

Lalu setelah melewati simpang Rimbo, bertemu dengan beberapa perempuan pengendara motor, disini saya harus rajin sabar, rajin senyum sendiri dibalik Helm yang tertutup kaca, sekali-kali ketawa kecil sendiri melihat bagaimana kelakuan perempuan, sangat berbahaya dan bikin geregetan. Didepan saya perempuan berboncengan dia berada tengah dari jalur searah (bukan tengah-tengah dua jalur ya), saya bingung melihatnya dia ngebut tidak, tapi berada ditengah (emank jalan nenek moyang dia apa) kalau pelan dipinggirlah, coba bedain mana jalan lintas antar kota mana jalan lorong. Apalagi jalur mendalo itu jalur padat kendaraan Luar kota yang melintas menuju daerah lain, apakah tidak pernah dengar ya, sudah begitu banyak korban kecelakaan di jalur itu, tidak terhitung nyawa. Saya bukan membela yang menabrak, tetapi dengan kondisi pengguna begitu (tidak semuanya ya, sekali lagi bukan semuanya) tidak juga kita seutuhnya salahkan penabraknya tapi bukan juga berarti membenarkan penabraknya.

Walaupun juga ada pengendara laki-laki yang saya temui seperti itu, namun perempuan mayoritasnya, yang seakan-akan itu jalan milik dia, ya...secara gitu lho “The Power Of Perempuan”. Ini sekedar pengalaman saya, harapannya bisa memberikan masukan yang baik untuk para perempuan, ingatlah wahai perempuan anda itu adalah Bunga dunia, jangan mentang-mentang bunga yang indah dan selalu mendapatkan perhatian lantas anda akan selalu diperlakukan Istimewa,? Perempuan itu sangat Istimewa benar adanya.

Laman tulisanwanita.com edisi 10 Maret 2016 (Diakses, Tanggal 07 Oktober 2017, Sekira Pukul: 16.40 Wib) menulis bahwa Secara biologis dan psikologis, perempuan memiliki beberapa ciri bawaan yang sulit untuk dipisahkan dari kepribadian mereka. Dan, karena sifat-sifat inilah bahwa para wanita sangatlah istimewa. Wanita memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mendukung, melindungi, dan menghasilkan kehidupan. Atribut seperti ini yang tidak dimiliki sebagian besar atau semua kaum pria.

1. Perempuan berkinerja lebih baik
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa perempuan telah jauh lebih unggul dibandingkan laki-laki dalam melakukan kinerja di bidang pendidikan. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa kasus putus sekolah lebih banyak dialami anak laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

2. Perempuan lebih mampu menjalani hidup sepenuhnya
Hari ini, banyak anak laki-laki lebih banyak terpaku pada teknologi dan gadget di usia yang sangat belia. Ini merampas masa kanak-kanak yang seharusnya berhak mereka dapatkan. Kebiasaan ini akan terus-menerus mengakar seiring mereka tumbuh dewasa. Teknologi terus menjadi prioritas mereka, membuat mereka buta terhadap aspek-aspek lebih halus dari kehidupan. Sedangkan wanita tidak begitu menyukai game yang ditawarkan gadget. Ada banyak hal yang mereka hargai dan karenanya, mereka menikmati hidup sepenuhnya pada setiap tahap.

3. Perempuan tetap terlihat menarik meski mereka tidak suka dandan
Ini adalah fakta yang diterima secara universal, wanita sebenarnya memiliki pesona kecantikan alami dan dapat terlihat menarik meski tampil dengan rambut seadanya, tanpa polesan makeup, dan pakaian kasual.

4. Perempuan mampu berbagi perasaan mereka
Kaum wanita dapat mendiskusikan kehidupan mereka dan masalah lain dengan teman-teman wanitanya atau bahkan teman prianya tanpa berpikir dua kali mereka akan ditertawakan. Bagi laiki-laki, membahas isu-isu selalu merupakan pergolakan ego dan mereka harus berpikir sejuta kali sebelum membuka mulut mereka. Mereka malu dicap sebagai orang cengeng.

5. Perempuan memiliki kepekaan perasaan
Dibanding pria, wanita jauh lebih intuitif. Mereka akan tahu kejadian-kejadian yang akan terjadi dengan membaca firasat yang dialaminya. Ini dikarenakan wanita lebih sensitif.

6. Perempuan mampu merebut semua perhatian dengan mudah
Perempuan lebih mudah mendapatkan semua perhatian dari anak laki-laki dengan cara memberikan hadiah, coklat, bunga dan hal-hal yang mereka sukai. Anak laki-laki biasanya agak jual mahal dengan hal-hal tersebut.

7. Perempuan terlihat semakin cantik dengan makeup
Makeup adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penampilan perempuan. Tentu saja, jika ada anak laki-laki yang memakai makeup pasti tampak konyol!

8. Perempuan terlihat manis meski ketika tidak sengaja bertindak bodoh
Bahkan tindakan bodoh bisa membuat wanita tampil lucu. Anak laki-laki harus berpikir dua kali sebelum mencoba untuk bertindak bodoh, karena mereka akan benar-benar dicap sebagai orang bodoh.

9. Perempuan menghadirkan kehidupan baru
Salah satu kebanggaan perempuan adalah menjadi seorang ibu. Bayangkan, dengan kekuatannya perempuan di dunia mengandung selama 9 bulan, menyusui, dan merawat dengan penuh cinta kasih putra/putri mereka.

10. Perempuan lebih pintar
Anak perempuan lebih pintar dalam memelihara hubungan dan merawat pasangan mereka. Ini dikarenakan mereka secara alami memiliki naluri sebagai ibu.

***

Anda mungkin dapat mencari lagi seratus bahkan seribu alasan mengapa kaum perempuan begitu istimewa, pasti tidak akan ada habisnya untuk dijelaskan. Ya, perempuan memang istimewa! Itu benar, namun bukan yang seperti tadi, kejahatan tidak melihat anda cantik, molek, montok atau alis anda seperti "sinchan", kecelakaan berujung maut di jalan juga tidak melihat paras atau rupa wajah anda, Wahai Perempuan. 

Salam santun untuk seluruh perempuan di dunia, Semoga bermanfaat salam Kopi Raina,!

 

 

Penulis: Hendry Noesae

**Chatting Via Whatsapp Suaro Wargo jambidaily.com, Bergabung Klik Tautan ini: Whatsaap Group, Galery jambidailyDOTcom

 

 

 

 

Kopi Raina, Lainnya:

KOMENTAR DISQUS :

Top