Minggu, 05 April 2020 |
Nasional

Tiga Pendaki di Palembang Tewas Tersambar Petir

Minggu, 12 Maret 2017 13:52:48 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY NASIONAL-Tiga pendaki bukit Besak yang berada di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan, tewas tersambar petir. Sementara itu, empat lainnya berhasil selamat, namun mengalami luka bakar.

Seluruh korban adalah siswa SMK Penukal yang tinggal di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumsel. Ketiga korban yang tewas yakni, M Ramadhan (16), Almahesa (16), dan Sangkut (16).  Sedangkan yang selamat, adalah Ayu (14), Reni (15), Wawan (16), dan Rudi (16).

Menurut penjelasan Polsek Merapi, tujuh siswa SMK tersebut bermaksud hendak menghabiskan waktu liburan di atas puncak Bukit Besak, Lahat, dengan melakukan pendakian pada Sabtu kemarin, 11 Maret 2017.

Saat pendakian berlangsung, cuaca di bukit menjadi ekstrem, lantaran hujan deras dan angin kencang. Para pendaki muda ini akhirnya memutuskan untuk membuka tenda. Ketika tenda dibuka, angin kencang sempat merusak posisi tenda. Tiga orang kemudian keluar memperbaikinya.

Saat memperbaiki tenda yang terkena terpaan angin itulah, tiga korban langsung tersambar.

"Semuanya warga Pali. Ada tiga yang meninggal dan empat tewas. Mereka tersambar petir," kata Kanit Reskrim Polsek Merapi, Ipda Pimalau, Minggu 12 Maret 2017.

Pimalau menyebutkan, kini ketujuh korban sudah dibawa ke rumah sakit umum Kabupaten Lahat. "Mereka yang selamat, mengalami luka bakar. Kalau meninggal, sekarang tinggal menunggu keluarganya untuk dibawa, identitasnya sudah diketahui. Mereka semua pelajar SMK di Kabupaten Pali," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Humas RSUD Lahat, Ferry Agustiansyah menambahkan, empat siswa yang mengalami luka bakar sedang dalam perawatan medis. Sedangkan korban tewas, sedang menunggu proses kedatangan keluarga yang akan menjemput mereka.

"Tim medis sedang memberikan perawatan kepada empat korban luka bakar ini. Keempatnya mengalami luka bakar ringan, namun sementara ini masih terlihat trauma," kata dia.

Dari hasil pemeriksaan sementara, memang pada tubuh ketiga korban meninggal dipenuhi luka bakar akibat tersambar petir. "Hal itulah yang membuat ketiganya langsung meninggal ditempat," ujar Ferry menambahkan. (Viva.co.id/asp)

KOMENTAR DISQUS :

Top