Minggu, 17 Desember 2017 |
Pendidikan & Teknologi

Tingkatkan Kedisiplinan PNS, Absensi PNS Di Pantau Secara Online

Kamis, 07 Desember 2017 09:09:08 wib

JAMBIDAILY TANJAB BARAT - Absensi PNS dilingkup Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat akan dipantau secara online. Hal ini seiring dengan akan diterapkannya Absensi Sidik Jari (Fingerprint) diseluruh SKPD yang terintegrasi ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM).

”Ini dilakukan sebagai upaya untuk memantau tingkat kedisiplinan PNS yang berada di setiap SKPD. Dengan sistem online, kita bisa memantau absensi para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Tanjab Barat di ruang kerjanya,” Ungkap Bupati Tanjab Barat DR. Ir. H. Safrial, MS.

Menurutnya, monitoring kehadiran pegawai yang selama ini masih memakai cara manual menjadikan tingkat kedisiplinan pegawai kurang maksimal.

”Masih ada ditemukan pegawai yang bolos maupun datang ke kantor di atas pukul 07.30 WIB. Seharusnya seorang PNS itu punya jam kerja sebanyak 37,5 jam atau 37 jam 30 menit selama 5 dan 6 hari kerja. Makanya absensi dengan online ini kita terapkan,” tegasnya.

Selain itu, penerapan absensi pegawai dengan sistem online ini, Bupati Safrial menjelaskan menyusul akan diberlakukannya Tunjangan Tambahan Peghasilan (TTP) berbasis kinerja. Diharapkan dengan sistem ini akan meningkatkan disiplin ASN yang selama ini sering bolos maupun terlambat. Dengan begitu, pelayanan kepada masyarakat juga akan turut meningkat.

“Apabila ada pelanggaran kita sanksi sesuai PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Ada sanksi peringatan sampai tingkat pemecatan. Juga kami siapkan tunjangan tambahan penghasilan bagi pegawai yang rajin,” tandasnya. (Reza)

KOMENTAR DISQUS :

Top