Kamis, 12 Desember 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Tingkatkan Kemampuan Fisik, Korem 042 Gapu Gelar Garjas Periodik

Selasa, 12 November 2019 09:55:14 wib

JAMBIDAILY OLAHRAGA - Dalam rangka meningkatkan kemampuan fisik untuk mendukung kelancaran tugas pokok di satuan, Komando Resor Militer (Korem) 042/Gapu menggelar rangkaian kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani Periodik II Tahun 2019. Kegiatan ini dipusatkan di lapangan Tri Lomba Juang KONI Jambi, Selasa (12/11/2019).

Kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani Periodik II Tahun 2019 ini diikuti oleh Perwira (Pama), Bintara dan Tamtama Korem 042/Gapu. 

Dalam kesempatan ini pada saat mengambil apel pengecekan, Kajasrem 042/Gapu Kapten Inf Yazirman, mengatakan Kesegaran Jasmani ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani seorang Prajurit secara berkala.

Selain itu Garjas Periodik bertujuan untuk mendukung tugas pokok TNI AD dalam melaksanakan aktifitas kesehariannya di lapangan dapat terlaksana dengan baik menjadi prajurit Satuan Teritorial (Satter) juga menjaga dan membina fisik jasmani agar tetap dalam keadaan sehat dan kuat, ujarnya. 

Sebelum pelaksanaan tes Kesamaptaan Jasmani terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan kesehatan awal, seperti cek tensi tekanan darah oleh Tim Kesehatan, ini dilakukan adalah untuk mengetahui kesiapan bagi yang akan mengikuti kegiatan kesemaptaan guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, ucapnya.

Yazirman juga menjelaskan bahwa Dalam melaksanakan Garjas periodik sesuaikan dengan kategori masing-masing, syarat kelulusan dalam Garjas A dan B nilai minimal 51. Dalam kegiatan Garjas utamakan faktor keamanan dan maksimalkan kemampuan fisik yang dimiliki. 

Adapun yang dilaksanakan dalam tes Kesamaptaan Jasmani ini antara lain, adalah Samapta A Lari dengan waktu 12 Menit sesuai dengan peraturan yang baru bukan menggunakan lagi jarak tempuh 3.200 Meter dan Samapta B berupa Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges, Shuttle Run dan renang ketangkasan jarak 50 meter di kolam renang Kota baru Jambi.(penremgapu)

KOMENTAR DISQUS :

Top