Selasa, 21 Agustus 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Tingkatkan Kesadaran Bela Negara Kemenhan Gelar Parade Cinta Tanah Air

Kamis, 26 Juli 2018 11:22:14 wib

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia Perwakilan kementerian pertahanan (PKP) provinsi Jambi menggelar parade cinta tanah air (PCTA) tingkat pelajar agar dapat terus memupuk tingkat kesadaran bela negara, di aula lantai 3 dinas pendidikan provinsi Jambi.

Hal itu dalam upaya mewujudkan cita-cita dan mempertahankan kedaulatan bangsa ini tentu akan menghadapi banyak permasalahan, hambatan, rintangan, dan bahkan ancaman yang harus dihadapi. Masalah tersebut antara lain menurunnya jiwa idealisme, patriotisme, serta meningkatkannya kenakalan remaja termasuk penyalahgunaan narkoba.

“Hakikat pembinaan kesadaran cinta tanah air adalah upaya untuk membangun karakter bangsa Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta memiliki ketahanan yang tangguh guna menjamin tetap tegaknya NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dan terpeliharanya pelaksanaan pembangunan nasional dalam mencapai tujuan nasional,” Ungkap Pejabat PKP Kemenhan RI, Kolonel Inf Asep Joko Ruchwarsito SIP, dalam kata sambutannya.

PCTA merupakan salah satu program kemenhan yang dilaksanakan oleh PKP daerah untuk melaksanakan penyampaian dan mensosialisasikan pesan pembentukan karakter pada generasi muda Indonesia.

PCTA yang terlaksana pada 25 s.d 26 Juli 2018 tersebut mengambil tema “Wujudkan generasi muda anti narkoba dan cinta tanah air” dikemas dalam bentuk lomba berupa menulis esai dan oral, keterampilan menyanyi, puisi, pantun, bermain musik, menari serta promosi sebagai duta bela negara.

“Kegiatan ini bertujuan untuk Membentuk generasi muda khususnya Mahasiswa dan pelajar SLTA sederajat dalam mencegah penyalahgunaan narkoba serta memupuk rasa cinta tanah air,” Ungkap Ketua penyelenggara, Mayor Laut Edward Faisal, kepada jambidaily.com (Kamis, 26/07/2018).

Hadir pada Acara pembukaan yaitu kepala dinas pendidikan yang diwakili oleh kepala bidang tenaga guru Dr Sofyan, peserta lomba, muspida dan tamu undangan lainnya.

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top