Kamis, 16 Agustus 2018 |
Nasional

Tingkatkan Kesadaran Bela Negara, Kemenhan Perwakilan Jambi adakan Seminar Sistem Pertahanan Semesta

Selasa, 27 Maret 2018 19:06:31 wib

JAMBIDAILY NASIONAL - Kementerian pertahanan (kemenhan) Republik Indonesia perwakilan provinsi Jambi adakan seminar untuk kalangan mahasiswa se-kabupaten Batanghari, Guna tingkatkan kesadaran akan bela negara.

Kegiatan yang berlangsung di Aula kantor bupati tersebut diikuti 70 peserta mahasiswa, PNS/ASN dijajaran pemkab Batanghari, organisasi pemuda dan tokoh masyarakat. Tanpak hadir juga Kolonel Inf Asep Joko Ruchwarsito,SIP (PKP Kemenhan Provinsi Jambi), TNI, Kepolisian, Unsur Muspida dan tamu undangan lainnya dengan narasumber selaku pembicara ialah pejabat perwakilan kemenhan dan Asisten I pemerintah kabupaten Batanghari.

Dalam kata Sambutan bupati Batanghari yang diwakili Asisten I, H Verry Ardiansyah S. Sos, MSi, bahwa UU Nomor 3 tahun 2002 pasal 9 menyebutkan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara.

"sikap dan perilaku tersebut tidak begitu saja muncul menjadi kesadaran setiap warga negara sejak lahir, sehingga perlu ditumbuhkembangkan sejak dini serta senantiasa dipelihara dan dikembangkan secara berkesinambungan melalui pembinaan kesadaran bela negara," Jelasnya.

Hakikat pembinaan kesadaran bela negara pada sistem pertahanan semesta adalah upaya untuk membangun karakter bangsa Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta memiliki ketahanan nasional yang tangguh guna menjamin tetap tegaknya NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dan terpeliharanya pelaksanaan pembangunan nasional.

"ancaman yang kita hadapi saat ini adalah bersifat global oleh karenanya untuk menghadapi berbagai kemungkinan ancaman di provinsi Jambi khususnya kabupaten Batanghari," Ucapnya.

Hal tersebut menurut bupati tentunya perlu dukungan dan kepedulian dari semua komponen bangsa dan turut bertanggung jawab terhadap setiap bentuk ancamam yang mengancam keselamatan bangsa dan negara. Pada akhirnya dapat mendukung program pembangunan di provinsi Jambi khususnya kabupaten Batanghari dalam rangka menuju tercapainya Jambi Tuntas 2021.

"seminar ini bertujuan agar peserta mengetahui dan memahami tentang pertahanan semesta, mendapatkan kesamaan pola pikir dan pemahaman tentang pertahanan semesta, serta meningkatkan kesadaran bela negara khususnya bagi para peserta," Jelas ketua penyelenggara, Mayor Laut Edward Faisal (Selasa,27/03/18).

Lebih rinci kegiatan dimaksud, dalam Rilis yang diterima jambidaily.com, bahwa hakikat pertahanan negara ialah segala upaya pertahanan bersifat semesta yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban negara itu sendiri. Siste pertahanan negara bersifat semesta melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah da berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman.

Pertahanan bersifat semesta melibatkan seluruh warga negara, wilayah, serta segenap sumber daya nasional yang dipersiapkan secara dini oleh pemerintah. Sifat kesemestaan dimanifestasikan dalam kesatuan cara berpikir dan cara bertindak warga negara untuk terlibat dalam usaha-usaha pertahanan negara. Hak dan kewajiban ikut serta dalam pembelaan negara ditujukan bagi seluruh warga negara, sesuai amanat undang-undang. Pertahanan yang bersifat semesta dilaksanakan melalui pertahanan militer dan nirmiliter secara sinergi, terintegrasi dan terkoordinasi untuk menghadapi ancaman, militer, nonmiliter dan ancaman hibrida.

Kekuatan pertahanan militer menempatkan TNI sebagai komput didukung oleh komcad dan komduk. Komcad dan komduk berasal dari sumber daya nasional yang dipersiapkan secara dini dan dimobilisasi sesuai peraturan perundang-undangan. Kementerian pertahanan berkerjasama dengan lainnya untuk membentuk kekuatan komponen pertahanan negara dan kekuatan bangsa melalui perwujudan sesuai dengan pesan, tugas dan fungsi masing-masing. 

 

(Hendry Noesae)

 


Sumber: Rilis Kemenhan Perwakilan Provinsi Jambi 

KOMENTAR DISQUS :

Top