Sabtu, 18 Agustus 2018 |
Peristiwa

Tinjau UNBK, Pemprov Bakal Lengapi Peralatan Secara Bertahap

Senin, 03 April 2017 21:24:59 wib

JAMBIDAILY PERISTIWA-Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli. S.TP. MA menyatakan bahwa peralatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara bertahap alan dilengkapi, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan UNBK.

Demikian disampaikan Zola saat meninjau persiapan UNBK Tingkat SMA/SMK, bertempat di SMK Negeri 4 Kota Jambi Jln. Urip Sukoharjo No.31 Sei Putri Telanaipura Kota Jambi, Senin (03/04/2017) pagi.

Gubernur Jambi yang didampingi oleh Pejabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan Malik,MM dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Herianto disambut dengan antusias oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Kota Jambi, Sujona berserta para guru dan siswa siswi SMK Negeri 4 Kota Jambi.

Zola menjelaskan, sebagian sekolah tahun ini sudah melaksanakan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang disebut dengan Computer Besed Test (CBT). "UNBK adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan mengunakan komputer sebagai media ujian," ujar Zola.

"Berdasarkan peninjauan di SMK Negeri 4 Kota Jambi, sekolah ini termasuk sekolah yang telah siap UNBK, dengan catatan peralatan walaupun masih ada kekurangan, tetapi sudah tergolong sudah siap," ungkap Zola.

Dikatakan Zola, peralatan yang dibutuhkan sekolah memang cukup banyak. "Secara bertahap, Pemerintah Provinsi Jambi akan mengevaluasi semua kebutuhan sekolah dan akan kita konsultasikan dengan Pemerintah Pusat, misalkan jumlah laptop yang masih banyak kekurangan di setiap sekolah," kata Zol.

Lebih lanjut, Zola menjelaskan, untuk menjamin mutu dan kualitas anak didik di sekolah dalam pelaksanaan UN, setiap ruangan juga dipasang CCTV.

"Untuk internet di sekolah, kita juga telah berkerja sama dengan Telkomsel, yang kita sangsikan sewaktu ujian berlangsung listrik mati, untuk itu kita menghimbau semua pihak ikut membantu agar pelaksanaan UNBK terlaksana sesuai dengan rencana, termasuk PLN.  Disamping itu,  sekolah juga harus menyediakan GEnset, " tutur gubernur.

Selain itu, Zola juga menghimbau sekolah yang berada di kabupaten/kota di Provinsi Jambi untuk secara bertahap mempersiapkan peralatan UNBK.

"Kita sangat memahami, tidak mukin semua sekolah siap seratus persen dalam menghadapi UNBK ini, karena peralatannya cukup banyak yang harus kita persiapkan, sudah tentu secara bertahap. Setelah UN dilaksanakan nanti kita akan evaluasi semua sekolah dan akan kita konsultasikan dengan Pemerintah Pusat," terang Zola.

"Saya berharap sekolah yang melaksanakan UNBK tahun depan lebih banyak lagi karena lebih baik, praktis." pungkas Zola.


Laporan    : Sapra Wintani
Editor       : Mustar Hutapea

KOMENTAR DISQUS :

Top