Selasa, 23 Oktober 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Selama Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan

Sabtu, 19 Mei 2018 03:42:50 wib
copyright maxpixel.com

JAMBIDAILY RAMADHAN, Kesehatan - Mulai hari ini, umat muslim hampir di seluruh dunia telah sampai pada hari pertama bulan puasa Ramadan. Menjalankan ibadah puasa dengan menahan lapar dan haus sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari memang sering kali bikin lemas, pusing dan loyo. Meski begitu, jangan sampai puasa menjadi alasan kita untuk bermalas-malasan ya ladies. 

Demi dapatkan tubuh bugar selama menjalankan ibadah puasa Ramadan, pastikan untuk memenuhi nutrisi tubuh dengan baik. Pastikan pula untuk menerapkan pola hidup sehat selama Ramadan. Mengutip dari laman liputan6.com, ada beberapa tips agar tubuh tetap bugar selama Ramadan. Tips tersebut antara lain adalah sebagai berikut. 

Pastikan Makan Sahur
Pastikan untuk makan sahur meski kamu begitu mengantuk dan nyaris tak bisa bangun. Makan sahur sangatlah penting demi menutrisi tubuh dengan baik. Sahur juga penting untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas selama puasa di bulan Ramadan. Pilih menu sahur yang kaya nutrisi, vitamin dan protein serta serat. Buah dan sayur adalah dua makanan yang wajib ada di menu sahur kamu. 

Hindari Tidur Selepas Sahur
Jangan tidur selepas makan sahur. Tidur selepas sahur justru akan membuat sistem pencernaan tubuh berantakan. Dibandingkan tidur selepas sahur, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk menjalankan berbagai ibadah lain seperti salat malam/tahajud, baca al-quran, memaknai isi al-quran, menunggu salat subuh dengan berdzikir atau aktivitas bermanfaat lainnya. 

Jaga Kebersihkan Mulut & Gigi
Aktivitas ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pastikan untuk segera menggosok gigi dan membersihkan mulut setelah buka puasa dan sahur. Jangan lupa untuk menggosok gigi pula saat sebelum tidur. Bila perlu, gunakan obat kumur khusus agar selain kesehatan gigi, mulut dan tubuh terjaga ini juga bisa bikin bau mulut kamu segar sepanjang hari selama berpuasa. 

Istirahat Cukup
Pastikan bahwa kamu memiliki waktu istirahat cukup. Segera pergi tidur saat malam setelah salat tarawih. Hindari melakukan berbagai aktivitas yang terlalu menguras tenaga baik di siang maupun malam hari. Hindari pikiran stres dan depresi juga agar tak hanya kondisi fisik yang bugar melainkan kondisi psikis juga senantiasa baik. 

Jangan Lupakan Olahraga
Meski sedang berpuasa, kamu tetap perlu memiliki olahraga cukup. Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat, kamu hanya perlu melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki di pagi hari, sit up atau push up di sore hari menjelang buka puasa atau olahraga yoga selepas salat subuh. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar tubuh senantiasa segar bugar meski seharian menjalankan puasa dan menahan haus juga lapar. Bagi yang menjalankan ibadah puasa Ramadan, tetap semangat ya. Marhaban ya Ramadan. 

 

(vem/mim)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top