Minggu, 19 Agustus 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Tips Jitu Ajarkan Puasa Ramadan Untuk Si Kecil

Jumat, 18 Mei 2018 07:27:41 wib
Copyright: pexels.com/ Chevanon Photography

JAMBIDAILY RAMADHAN, Pendidikan - Ramadhan telah tiba, saatnya menunaikan ibadah puasa wajib bagi umat Muslim. Nah, bagi orangtua, sudah kewajiban untuk mulai mengajarkan puasa Ramadan untuk putra-putrinya. Hal ini tentu tak mudah, mengingat kondisi fisik anak tak sama dengan orang dewasa. Tubuh anak-anak lebih kecil dan kebutuhan metabolik yang tinggi. Well, Vemale punya tips untuk mengajarkan puasa untuk si kecil.

Dalam mengajarkan puasa, orangtua wajib menilai kemampuan anak untuk berpuasa. Ini bisa dilihat dari kesehatan anak, tingkat aktivitas, toleransi terhadap lapar, serta frekuensi makan mereka. 

Anak-anak membutuhkan cairan dan juga sumber energi untuk menjaga kesehatan tubuh mereka. Jika glukosa yang jadi sumber energi utama dalam tubuh mereka sudah habis, anak akan cenderung mengalami emosi pendek atau mudah marah karena kelaparan.

Umumnya orangtua akan mengajarkan si kecil untuk berbuka saat adzan dhuhur. Ini bisa ditingkatkan terus secara bertahap. Orangtua diharapkan tidak langsung memaksa anak untuk berpuasa sehari penuh. Biarkan mereka berpuasa setengah hari saja agar tubuhnya terbiasa. 

Semakin tubuh mereka tumbuh besar, mereka akan terbiasa untuk mencoba berpuasa seharian penuh. Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies. 

Sumber: Liputan6.com

 

(vem/ivy)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top