Rabu, 20 Juni 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Tips Menjaga Kesehatan Disaat lebaran

Kamis, 16 Juli 2015 06:43:45 wib
menu lebaran (copyright by google.com)

JAMBIDAILY KESEHATAN-Tidak terasa sebentar lagi kaum muslimin akan menyambut hari raya idul fitri ataupun lebaran. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menyambut datangnya lebaran tersebut, mulai dari persiapan pulang kampung sampai dengan persiapan berbagai macam hidangan untuk lebaran.

Namun jangan salah, ternyata persiapan menjaga kondisi badan juga sangat penting loo saat lebaran, karena terkadang saat lebaran tiba kita sering mengkonsumsi berbagai macam makanan dan efeknya kurang baik bagi kesehatan.

Berikut ini Passion akan memberikan berbagai macam tips yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan disaat lebaran, seperti dikutip oleh dr. Muhammad Anwar Irzan From Klik Dokter.

Mengurangi Asupan Lemak

Dengan berkurangnya berat badan usai berpuasa, sebetulnya kondisi tubuh dalam keadaan sangat baik. Sebab, sistem dalam tubuh yang biasanya dijejali makanan terus menerus, mendapat waktu sebulan untuk beristirahat.

Nah, setelah berpuasa, sistem tubuh kembali aktif dan pencernaan jadi membaik. Olah karena itu, saal Lebaran hendaknya direncanakan untuk tidak makan secara berlebihan.

Kurangi makan hidangan yang terlalu berlemak, bersantan, goreng-gorengan dan yang serba manis. Jika tergoda, boleh saja mencicipi secukupnya dengan porsi sedikit.

Sebab kue-kue Lebaran pada umumnya termasuk makanan berkalori tinggi karena bahan dasarnya lebih banyak terbuat dari bahan yang mengandung gula atau manis.

Begitu juga dengan minuman. Seharusnya soft drink, sirup atau milk shake jangan terlalu mendapat porsi lebih karena manis dan tentunya berkalori tinggi. Sebagai gantinya santaplah buah potong segar dan manis tanpa gula.

Nah, itulah tadi berbagai macam tips yang bisa Anda gunakan saat lebaran, dan tentunya dengan membatasi makanan tersebut dan rutin berolahraga maka tubuh Anda akan tetap sehat, semoga artikel diatas dapat bermanfaat.(*/SUS)

Sumber:http://passionmagz.com

KOMENTAR DISQUS :

Top