Rabu, 15 Agustus 2018 |
Ekonomi

Tips Tepat Melunasi Angsuran Kredit Pemilikan Rumah

Sabtu, 14 April 2018 08:35:40 wib
Kredit Rumah/copyright pexels.com

JAMBIDAILY TIPS, Keuangan - Kamu sedang mengangsur Kredit Pemilikan Rumah (KPR)? Melunasi angsuran memang ada jangka waktunya. Lalu bagaimana tips melunasi angsuran yang jangka waktunya sudah ditentukan. Ya, kamu yang sedang dalam masa mencicil rumah atau tengah berencana membeli rumah dengan cicilan KPR, tips cicil rumah agar cepat lunas ini tentunya sangat berguna,

Seperti yang dilansir dari liputan6.com jika tenor cicilan KPR Anda selama 15 atau 20 tahun itu berarti Anda harus mencicil selama itu. Waktu yang panjang sehingga terasa melelahkan. Belum lagi apabila nanti di tengah perjalanan ada kebutuhan yang butuh dana besar seperti renovasi rumah, biaya rumah sakit, atau daftar sekolah.

1. Kurangi Sisa Pokok KPR

Salah satu cara paling efektif untuk mempercepat angsuran KPR adalah dengan mengurangi sisa pokok KPR. Bagaimana caranya? Tambah simpanan tabunganmu menjadi dua kali lipat. Bila biasanya kamu menyisihkan sepertiga dari penghasilan untuk membayar cicilan KPR, kali ini coba sisihkan dua per tiga untuk mengurangi sisa pokok KPR.

Mungkin cara ini akan membuat kamu mengurangi beberapa biaya hidup. Namun jika dilakukan secara rutin maka nilai pokok KPR kamu akan cepat lunas.

2. Pindah Ke Bank Lain

Salah satu cara untuk mempercepat angsuran KPR adalah dengan melakukan take over ke bank lain. Bank yang bisa menjadi pilihan kamu salah satunya adalah Bank Syariah. Dengan memindahkan cicilan KPR kamu ke bank syariah,maka kamu akan memperoleh angsuran yang lebih pasti dan lebih ringan.

Kamu dapat menghitung ulang komposisinya untuk meringankan angsuran sehingga mempercepat pelunasan KPR. Proses take over biasanya akan dikenai biaya dan kamu juga akan dikenakan penalti sebesar 1 persen dari sisa pokok.

Ladies, demikian 2 cara untuk mempercepat pelunasan KPR. Ada ide lain? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top